detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 19:48 WIB

Ngaku Salah, Pj Walkot Makassar Kembalikan Kursi Kadis Dukcapil ke Puspa

Ibnu Munsir - detikNews
Ngaku Salah, Pj Walkot Makassar Kembalikan Kursi Kadis Dukcapil ke Puspa Foto: Pelantikan Kadiscukcapil Makassar Aryati Puspa (Ibnu/detikcom)
Makassar - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb kembali melantik Kadisdukcapil Aryati Puspa Abady setelah sempat dicopot tanpa sepengetahuan Mendagri Tjahjo Kumolo. Pengembalian jabatan kembali ini agar layanan Dukcapil Makassar segera aktif setelah dibekukan selama tiga pekan terakhir.

Pelantikan digelar malam ini, Selasa (27/8/2019), sekitar pukul 19.11 Wita, di kantor Balai Kota Makassar. Pelantikan turut dihadiri sejumlah SKPD Pemkot Makassar.


Iqbal mengakui keputusannya mencopot Puspa merupakan kesalahan. Maka, ia kembali melantik Puspa.

"Kalau salah kita perbaiki, tentu saja lah, tidak ada persoalan, masa salah kita harus pertahankan. Iya salahkan, harus koordinasi ternyata di Capil itu harus ada Undang Undang dan koordinasi di Dircapil," kata Iqbal usai pelantikan.

Ia pun berharap layanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Disdukcapil Makassar segera kembali aktif. Selanjutnya, Iqbal meminta agar Puspa segera melapor ke Dirjen Capil di Kemendagri terkait pengembalian jabatan tersebut.

"Nanti tanya karena besok Kadisnya melapor. Nanti besok Kepala Dinas akan melapor ke Dirjen, mudah mudahan kalau Kadis melapor dinas besok sisa langsung password-nya, sistemnya karena tak perlu menganti data data karena orang sama juga," terangnya.


Selain mengembalikan dan melantik Puspa, malam ini Iqbal juga melantik empat pejabat lain. Mereka mengisi jabatan Kepala Baligbanda Makassar, Camat Tamalanrea, Kapus Manggala, dan dua lurah.

Sebelumnya, Layanan online data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, Sulsel, offline selama 3 minggu terakhir. Layanan ini dibekukan langsung Kemendagri. Hal ini buntut dari pencopotan Puspa dari jabatan Kadisdukcapil Makassar tanpa izin Tjahjo.

"Jadi memang pelayanan kantor di Dukcapil Makassar memang offline. Sistem data kita tidak bisa buka," kata Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Dukcapil Makassar, Erwin Abbas di Jalan Teduh Bersinar, Makassar, Selasa (27/8).
(tsa/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com