detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 15:03 WIB

Layanan Disdukcapil Offline, Pj Walkot Makassar: Tanya ke Dirjen!

Ibnu Munsir - detikNews
Layanan Disdukcapil Offline, Pj Walkot Makassar: Tanya ke Dirjen! Foto: Pelayanan Dukcapil Makassar Offline (Ibnu-detik)
Makassar - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) memutuskan akses jaringan Dinas Dukcapil Kota Makassar. Alhasil, seluruh pengurusan administrasi seperti e-KTP hingga Akte di Kota Makassar terhambat.

Terkait hal itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb merespon santai hal tersebut. Ia menyebut pertanyaan putusnya jaringan layanan di Disdukcapil Makassar tidak ditanyakan pada dirinya.

"Kenapa tanya saya, tanya Dirjen Capil, itu kewenangan Dirjen Capil," kata Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, di Balai Kota Makassar, Selasa (27/8/2019).



Terkait kejadian itu, Iqbal pun akan melaporkan hal tersebut pada Rabu besok terkait permasalahan tersebut.

"Kita hanya melapor besok, besok pagi besok kita melapor besok ini sudah begini begini," jelasnya.

Sebelumnya, Layanan online data kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Makassar, Sulsel, offline selama 3 minggu terakhir. Layanan ini ternyata dibekukan langsung oleh pihak Kemendagri.

"Jadi memang pelayanan kantor di Dukcapil Makassar memang offline. Sistem data kita tidak bisa buka," kata Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Dukcapil Makassar, Erwin Abbas saat ditemui detikcom di ruang kerjanya, Jalan Teduh Bersinar, Makassar, Selasa (27/8/2019).


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com