Mengenal Bupati Milenial yang Pimpin Penajam Paser Utara

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 11:36 WIB
Bupati Penajam Paser Utara (Foto: Dok. Penajamkab)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi memilih sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara jadi ibu kota baru. Menariknya, saat ini Kabupaten Penajam Paser Utara dipimpin oleh Bupati Abdul Gafur Mas'ud yang terbilang masih muda. Begini profil lengkapnya.

Abdul Gafur lahir pada 7 Desember 1987 di Balikpapan, Kalimantan Timur. Dia merupakan anak ke-8 dari pasangan H Mas'ud dan Syarifah Ruwaidah Alqadri. Masa kecilnya dihabiskan di Kampung Baru, Balikpapan Barat.


Dia bersekolah di SD 09 Margasari Balikpapan, lalu melanjutkan ke MTs Negeri 1 Balikpapan, dan menempa ilmu agamanya di Darunnajah Islamic Boarding School Ulujami Jakarta. Pendidikan menengah atasnya ditempuh di SMA Muhammadiyah 1 Samarinda dan melanjutkan ke STIE APRIN Palembang mengambil S1 Jurusan Ekonomi. Kemudian melanjutkan pendidikannya dengan menempuh jenjang S2 di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur.

Abdul Gafur lantas menikah dengan dara cantik bernama Risna yang berasal dari Jenebora, Kabupaten Penajam Paser Utara. Kini pasangan ini telah dikaruniai enam orang anak.


Abdul Gafur juga pernah tercatat pengusaha pendiri PT Petro Perkasa Indonesia. Selain itu, pria yang punya hobi olahraga golf dan balap mobil ini aktif di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), yakni sebagai Ketua BPC Hipmi Balikpapan Periode dan Wakil Bendahara Umum BPP Hipmi Pusat Indonesia. Tak hanya di bidang kewirausahaan, dia juga pernah menjadi Ketua Lemhanas Angkatan 4, Bendahara Umum PMI Balikpapan dan Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Alam dan Mineral KKSS Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan.


Dia pun kemudian terjun ke politik dengan bergabung dengan Partai Demokrat. Di Demokrat, dia menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan. Hingga akhirnya, pada 2018 dia terpilih sebagai Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Periode 2018-2023 dengan didampingi Hamdam.



Ibu Kota Pindah, Pemerataan Ekonomi Terjamin?:

[Gambas:Video 20detik]

(rdp/tor)