Viral Mobil Hijau Berpelat TNI Disetop di Tol, Ini Faktanya

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 27 Agu 2019 11:35 WIB
Foto: Screenshot Video
Jakarta - Video mobil berpelat TNI disetop di jalan tol viral di media sosial sejak kemarin. Seperti apa faktanya?

Dalam video yang viral, tampak mobil berwarna hijau dengan pelat dinas TNI melintas dengan menyalakan strobo. Mobil itu lalu diikuti petugas sehingga akhirnya petugas menyalip dan memberhentikan mobil hijau tersebut.

Dua anggota TNI berseragam lalu keluar dari mobil dan meminta pengendara mobil hijau untuk keluar dan menunjukkan surat-surat kendaraan. Saat ditanya, pengendara mobil hijau mengaku bukan anggota TNI. Anggota TNI lalu mencabut pelat TNI di mobil tersebut dan pengendara diminta untuk ikut.



Video itu diikuti dengan narasi bahwa pria pengendara mobil hijau itu merupakan anggota ormas. Berikut keterangan video tersebut.

Dandenpom Tangerang, Letkol Cpm Indra Jaya, mengamankan mobil plat dinas yg dipake orang sipil ,
Setelah diperiksa d kantor polisi militer ternyata pengendara tersebut adalah anggota Ormas yang akan apel ke pacar nya yang mengaku anggota TNI Sespri pejabat militer ... !!

Saat dikonfirmasi, Kapendam Jaya, Letkol Zulhandrie S Mara, menegaskan bahwa keterangan video viral itu tidak benar. "Hoax," kata Letkol Zulhandrie, Selasa (27/8/2019).

Letkol Zulhandrie lalu menjelaskan fakta sebenarnya dari video tersebut. Dia menyebut peristiwa itu terjadi April 2019 dan pria pengendara mobil hijau merupakan karyawan swasta.

"Pada hari Jumat, 26 April 2019 sekira pukul 15.00 WIB di Jalan Tol Jakarta-Merak arah Tangerang telah diamankan kendaraan dinas Toyota Innova warna hijau Noreg 6248-34 yang dikemudikan oleh Saudara Kdy (35)," kata Letkol Zulhandrie.



Kdy diamankan oleh petugas Denpom Jaya/1 bernama Pratu Domens dan Pratu Kadek. Kdy merupakan warga Senen, Jakarta Pusat.

"Pekerjaan karyawan swasta," tambahnya.



Berlagak ala TNI, Mobil Sipil Dikejar PM:

[Gambas:Video 20detik]


Viral Mobil Hijau Berpelat TNI Disetop di Tol, Ini Faktanya
(imk/tor)