detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 17:22 WIB

Polri Tunda Ungkap Hasil Investigasi Blackout: Masih Perlu Uji Scientific

Audrey Santoso - detikNews
Polri Tunda Ungkap Hasil Investigasi Blackout: Masih Perlu Uji Scientific Gedung Mabes Polri/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Polisi menunda rilis hasil investigasi peristiwa padamnya aliran listrik di separuh Pulau Jawa. Polri mengaku tim investigasi masih harus melakukan uji secara scientific.

"Saksi ahli, Pak Rizal, masih harus melakukan uji scientific terhadap beberapa lokasi untuk mendalami apa yang menjadi faktor-faktor penyebab terjadinya blackout," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Dedi mengatakan Polri hendak menyampaikan hasil investigasi secara komprehensif kepada masyarakat sehingga tak ingin terburu-buru merilis. Salah satu hal yang masih dalam proses pengujian adalah alat-alat yang ada pada instalasi jaringan listrik.





"Karena pengumuman bukan diagnosa awal tapi hasil komprehensif dari tim investigasi, karena banyak lokasi yang harus didalami dari hulu ke hilir. Dari tim IT ini perlu waktu ya, soalnya ada alat-alat yang harus diuji," jelas Dedi.

Ditanya mengenai ada-tidaknya indikasi tindak pidana, Dedi mengatakan tim investigasi fokus pada faktor penyebab blackout. Menurut dia faktor penyebab blackout tak hanya perkara pohon sengon.

"Fokus utama mencari penyebab blackout, itu dulu. Kalau sudah ditemui secara komprehensif dan ilmiah, baru nanti diputuskan (ada pidananya atau tidak). Kan tidak faktor tunggal tapi multifaktor," tutur Dedi.

Dia menambahkan, anggota dari Direktorat Siber Bareskrim jug tengah mengasesmen teknologi-teknologi yang digunakan PLN.

"Terhadap seluruh teknologi informasi digunakan PLN untuk mengoperasionalkan jaringan, pembangkit listrik dan power supply apabila terjadi permasalahan itu. Ada beberapa alternatif atau plan a, plan b, plan c. Lalu soal apakah ada serangan akses ilegal," terang Dedi.

Namun terkait ilegal akses, Dedi menegaskan belum ada temuan ke arah sana. "Sementara belum ditemukan. Hasil sementara awal tapi masih didalami, masih dilibatkan tim siber," kata Dedi.




Tonton Video Ikan Koi Mati Gegara Blackout, PLN Digugat Kader PSI:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com