Ini Lokasi Pemakaman Jemaah Haji RI yang Wafat di Tanah Suci

Laporan dari Madinah

Ini Lokasi Pemakaman Jemaah Haji RI yang Wafat di Tanah Suci

Ardhi Suryadhi - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 08:22 WIB
Pemakaman Baqi di Madinah. (Ardhi Suryadi/detikcom)
Pemakaman Baqi di Madinah. (Ardhi Suryadi/detikcom)
Madinah - Jemaah Indonesia yang meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji akan dimakamkan di Tanah Suci. Ada dua lokasi yang dipilih, Soraya dan Baqi. Di mana itu?

Soraya merupakan pemakaman umum yang berada di pinggiran kota Mekah, kurang lebih 4 kilometer ke arah Masjid Ja'ronah.

Areal pemakaman ini cukup luas. Di sini, makam tidak diberi nisan dengan tulisan nama jenazah yang dikuburkan, cukup diberi tanda dengan bongkahan batu kira-kira sebesar kepala orang dewasa.



Pemakaman Soraya dipilih sebagai areal dikuburkannya jemaah haji atau umroh yang meninggal dunia saat berada di Jeddah dan Mekah.

Sementara bagi jemaah RI yang meninggal di Madinah akan dikebumikan di Baqi. Ini merupakan pemakaman tertua di kota Nabi, letaknya pun di sebelah masjid Nabawi.

Ini Lokasi Pemakaman Jemaah Haji RI yang Wafat di Tanah SuciFoto: Pemakaman Baqi di Madinah. (Ardhi Suryadi/detikcom)

Baqi memiliki luas 138 ribu meter persegi. Ketika detikcom mengunjungi Baqi, sepanjang mata yang terlihat hanyalah gundukan pasir dan batu sebagai penanda makam.



Menurut Ustaz Burhan Ali, pembimbing ibada jemaah haji khusus Maktour, Baqi sudah dijadikan tempat pemakaman bagi penduduk Madinah -- pada saat itu masih bernama Yastrib -- sebelum kedatangan Rasulullah ke kota itu di fase hijrah.

Baqi dulunya terletak cukup jauh dari masjid Nabawi. Karena di antara masjid Nabawi dengan Baqi masih diselingi oleh perkampungan. Tapi kemudian terjadi perluasan sehingga sekarang berdampingan antara masjid Nabawi.

"Kemudian ketika datang, Rasulullah pun kemudian menunjuk Baqi yang waktu itu masih dipenuhi dengan Al Gharqad yaitu sebuah tanaman berduri. Makanya disebut dengan Baqi Al Gharqad," jelas ustaz Burhan, Senin (26/8/2019).

Baqi memiliki tanah yang lembut dan tidak berbatu sehingga dianggap cocok untuk dijadikan sebagai tempat pemakaman lantaran mudah untuk digali. Ketika zaman Nabi Muhammad SAW pun para sahabat yang meninggal dimakamkan di Baqi.



Di antaranya ada Usman bin Affan yang merupakan khalifah ketiga, para istri Nabi -- kecuali Siti Khadijah dan Maimunah -- lalu putra dan putri Nabi itu juga dimakamkan di Baqi serta 10 ribu orang sahabat Nabi.

"Sementara di antara kalangan tabi'ut tabi'in yang terkenal Imam Malik, gurunya Imam Syafi'i, juga dimakamkan di Baqi dan seluruh jamaah haji maupun umrah yang meninggal di Madinah ataupun penduduk Madinah juga dimakamkan di Baqi. Jadi Baqi itu dari dulu sampai sekarang masih digunakan," papar ustaz Burhan yang lulusan Maroko ini.

Lalu bagaimana sehingga Baqi dan Soraya itu selalu muat hingga saat ini? Ternyata pemerintah Arab Saudi itu menetapkan setiap beberapa tahun akan merelokasi kuburan-kuburan yang sudah lama dan akan digabung menjadi satu.



Berbondong-bondong Salat di 'Taman Surga':

[Gambas:Video 20detik]

(ash/dnu)