detikNews
Minggu 25 Agustus 2019, 18:15 WIB

Paman Bopong Jenazah Ponakan, Walkot Tangerang Ubah SOP Ambulans

Akfa Nasrulhak - detikNews
Paman Bopong Jenazah Ponakan, Walkot Tangerang Ubah SOP Ambulans Foto: Dok Pemkot Tangerang
Jakarta - Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah memerintahkan Dinas Kesehatan dan seluruh puskesmas di Kota Tangerang untuk segera memperbaiki Standar Operasional Prosedur (SOP) mobil ambulans untuk kondisi gawat darurat. Hal itu mengingat adanya peristiwa paman membopong jenazah keponakannya karena tak mendapatkan ambulans.

"Untuk kegawatdaruratan, saya instruksikan untuk segera di revisi SOP-nya. Jadi bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan masyarakat,"
jelas Arief, dalam keterangan tertulis, Minggu (25/8/2019).


Kondisi gawat darurat, lanjut Arief, adalah termasuk kejadian kematian dan untuk mengirim jenazah akibat kecelakaan. Selain itu, Arief juga akan melakukan optimalisasi mobil jenazah yang ada di seluruh puskesmas Kota Tangerang.

"Saya sudah perintahkan tadi pagi, saya telepon langsung Kepala Dinas Kesehatannya buat besok saya ingin semua sudah diperbaiki dan bisa disosialisasikan ke seluruh puskesmas dan juga armada kesehatan lainnya yang ada di Kota Tangerang," ungkapnya.

Tak hanya itu, Arief juga akan meminta Dinas PU untuk melakukan pengamanan di sekitar bantaran Sungai Cisadane dan juga meminta Kementerian PUPR untuk membangun turap di sepanjang Sungai Cisadane sehingga tidak lagi menimbulkan korban jiwa.

"Kita akan meminta pengamanan kepada Dinas PU misalnya di pagar dulu atau seperti apa supaya tidak ada korban lagi," tegasnya.


"Kita juga akan bersurat ke Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane untuk menindaklanjuti penurapan supaya jangan ada lagi korban-korban lain dipinggir Sungai Cisadane yang mengakibatkan kerugian buat masyarakat," tukasnya.

Arief juga telah melakukan takziah ke rumah almarhum Husein (8), bocah yang meninggal karena tenggelam di Sungai Cisadane tepatnya di Jalan Baru, Cikokol, Kota Tangerang pada Jum'at (23/8/2019) lalu. Kepada keluarga korban, Arief menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Tangerang menyampaikan turut berduka cita atas musibah tenggelamnya dua anak yang terjadi beberapa waktu yang lalu," ucap Arief.
(akn/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com