Gandeng Dinkes-BPOM, Polres Jakut Akan Razia Obat Kedaluwarsa

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Sabtu, 24 Agu 2019 12:16 WIB
Ilustrasi Obat (Foto: iStock)
Jakarta - Polres Jakarta Utara berencana menggelar razia obat-obatan kedaluwarsa sebagai buntut laporan ibu hamil yang diberi vitamin kedaluwarsa oleh puskesmas. Polres Jakarta Utara menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan razia tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan BPOM rencana dalam waktu dekat kami akan melakukan operasi gabungan terhadap beberapa Puskesmas yang khususnya kita curigai ada di wilayah Jakarta Utara. Jadi gabungan dari kepolisian, Dinkes dan BPOM," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto, Sabtu (24/8/2019).

Budhi tidak menyebutkan lokasi yang menjadi sasaran operasi. Pemeriksaan dilakukan di sejumlah apotek, puskesmas di wilayah Jakarta Utara.

"Tentunya nanti kami sudah turunkan intelijen kami untuk melihat kira-kira mana yang kita prioritaskan. Tapi secara umum seluruh daerah Jakut akan kita lakukan pengecekan," ungkap Budhi.


Selain Puskesmas maupun rumah sakit, Budhi mengatakan pihaknya juga akan menggeledah gudang obat. Upaya ini juga dilakukan sebagai upaya perlindungan terhadap konsumen.

Budhi mengatakan rencana razia obat kedaluwarsa itu dilakukan agar tidak terulang kejadian masyarakat yang diberi vitamin kedaluwarsa.

"Kami tidak mau ini terulang ada korban yang lain mungkin di puskesmas lain dengan hal serupa. Nanti kita sama-sama cek semua, jangan ada gudang-gudang, puskesmas, apalagi rumah sakit yang obat kedaluwarsanya masih ada di situ," pungkas Budhi.




Simak Video "Apoteker di Yordania Sulap Pil Kedaluwarsa Jadi Karya Seni"

[Gambas:Video 20detik] (sam/mea)