Polisi: Mahasiswi Tewas Tergantung pada H-2 Pernikahan Murni Bunuh Diri

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 22 Agu 2019 17:58 WIB
Ilustrasi garis polisi (Ari Saputra/detikcom)
Banda Aceh - Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto memastikan mahasiswi asal Nagan Raya, Aceh, berinisial LY (25) yang ditemukan tewas tergantung murni bunuh diri. Hasil visum, tidak ditemukan tanda kekerasan pada tubuh korban.

"Hasil pemeriksaan terhadap beberapa saksi yang ada dan hasil visum oleh ahli forensik di rumah sakit, bisa disampaikan bahwa ini tidak ada tanda-tanda kekerasan. Bisa kita simpulkan bahwa ini bunuh diri," kata Trisno kepada wartawan di Mapolresta Banda Aceh, Kamis (22/8/2019).

Menurut Trisno, polisi sudah memeriksa sejumlah saksi untuk mengungkap penyebab kematian LY. Saksi yang diperiksa di antaranya orang tua korban, calon suaminya termasuk saksi yang pernah menemukan korban.


Trisno menduga, masalah yang menyebabkan LY bunuh diri yaitu sesuai yang tertulis di surat wasiat. Surat tulis tangan itu ditemukan di kamar kos tempat LY ditemukan gantung diri.

"Masalah dari surat yang ada bisa kita lihat kira-kira itu masalahnya. Tapi kita masih mencocokkan tulisan itu dengan tulisan korban," ungkap Trisno.

Usai divisum di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh, jenazah LY dibawa pulang ke rumah duka di Nagan Raya. Korban sudah dikebumikan pagi tadi di kampung halamannya.

"Hasil penyelidikan kita dan pemeriksaan dokter murni bunuh diri," beber Trisno.

Seperti diketahui, LY diketahui tergantung di pintu kamar kosnya di Desa Meunasah Papen, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, pada Selasa (21/8) sekitar pukul 13.00 WIB. Kapolsek Krueng Barona Jaya Iptu M Hasan mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, dua hari lagi rencananya korban hendak melangsungkan pernikahan.

"Iya tanggal 23 ini dia mau menikah, tapi kita nggak tahu dengan siapa dia nikah. Yang kita dengar seperti itu," kata Hasan.

Korban ditemukan tewas tergantung. Di kamar juga ditemukan secarik surat wasiat. Surat tersebut berisi permintaan maaf yang ditujukan kepada ibundanya. LY juga meminta maaf ayah dan adiknya serta meminta maaf kepada seorang pria.

"Benar ditemukan surat dekat jendela, tapi apa benar dia yang tulis atau bukan sedang proses pemeriksaan lebih lanjut," kata Camat Krueng Barona Jaya, Salamuddin saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (21/8). (agse/jbr)