detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 17:49 WIB

Bamsoet Dukung Jokowi Bentuk Kabinet Zaken

Mochamad Zhacky - detikNews
Bamsoet Dukung Jokowi Bentuk Kabinet Zaken Ketua DPR Bambang Soesatyo (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta semua pihak memberi Presiden Joko Widodo (Jokowi) keleluasaan dalam menyusun kabinet. Bamsoet mengatakan Jokowi punya hak prerogatif untuk mengangkat serta memberhentikan menteri sebagaimana tertuang dalam UUD 1945.

"Karena para menteri bertanggung jawab langsung kepada presiden. Maka sudah sepatutnya presiden memilih orang-orang terbaik sehingga bisa membentuk kabinet zaken, yakni kabinet yang diisi orang-orang yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menangani tugas pokok dan fungsi kementerian/lembaga yang dipimpinnya," ujar Bamsoet dalam acara diskusi publik 'Peluang Terselenggaranya Demokrasi Substansial dalam Postur Kabinet Jokowi Jilid II' di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (22/08/19).


Ia menjelaskan, dalam menyusun kabinet zaken, tidak perlu ada dikotomi antara kader partai dan nonpartai. Sebab, menurutnya, dalam partai juga banyak profesional yang menguasai berbagai bidang keahlian.

"Sering kali kita terjebak dalam paradigma bahwa kabinet yang handal ditandai dengan sedikitnya menteri yang terafiliasi partai politik. Pola berpikir ini harus diluruskan karena menafikan partai politik sama saja menafikan demokrasi," ucap politikus Golkar itu.

Bamsoet Dukung Jokowi Bentuk Kabinet ZakenBamsoet dalam diskusi 'Demokrasi Substansial dalam Postur Kabinet Jokowi Jilid II' (Dok. istimewa)

"Salah satu prasyarat utama demokrasi adalah adanya partai politik yang menjalankan fungsi rekrutmen dan kaderisasi untuk mengisi pos kepemimpinan nasional sampai daerah," imbuh Bamsoet.


Bamsoet menilai yang terpenting dalam penyusunan kabinet adalah bebasnya tekanan partai kepada Jokowi. Dengan begitu, Jokowi bisa menentukan sosok yang nanti akan membantunya selama lima tahun ke depan.

"Mau menteri dari partai politik atau nonpartai politik bukanlah menjadi soal. Terpenting presiden nyaman dengan yang bersangkutan dan tidak ada tekanan dalam penunjukannya. Tantangan Presiden Jokowi tak hanya sekadar mendapatkan 'the right man in the right place', melainkan juga ditambah 'man with communication skills'," kata dia.




Tonton Video LIPI: Jokowi Harus Bangun Kabinet Zaken untuk Obati Ketidakpuasan Rakyat:

[Gambas:Video 20detik]


(zak/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com