detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 13:45 WIB

JK Harap Universitas Islam Internasional Indonesia Beroperasi di 2020

Lisye Sri Rahayu - detikNews
JK Harap Universitas Islam Internasional Indonesia Beroperasi di 2020 Wapres Jusuf Kalla/Foto: Lisye/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jususf Kalla (JK) berharap proses pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) segera rampung. Ia berharap UIII bisa melakukan aktivitas perkuliahan di tahun 2020.

Hal itu disampaikan JK usai meninjau pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/8/2019). Peninjauan dilakukan JK bersama Menteri PAN-RB Syafruddin, Menag Lukman Hakim Saifuddin, dan Menkominfo Rudiantara.

"Kita mengunjungi progres atau kemajuan pekerjaan di Universitas Islam Internasional cukup maju kecuali beberapa kendala. Lahan yang kita harus kita selesaikan agar mempercepat prosesnya karena tahun depan itu sudah harus operasional. Kita harap bisa selesai lahannya, bisa selesai cepat semua," ujar JK di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat.


Dia optimistis UIII akan beroperasi tahun 2020 mendatang. JK mengatakan apabila ruang kuliah sudah diselesaikan sebagian, proses perkuliahan bisa dijalankan.

"Ya insyallah tidak akan (mundur penerimaan mahasiwa baru), kita lihat tadi asramanya sudah (45 persen). Bisa selesai, toh pada pembukaan pertama lima ratus mahasiswa bertahap kan. Tidak sekaligus selama ruang kuliah, asrama, ruang dosen selesai karena ini kan kompleks itu green, itu harus kita bangun itu hanya, kurang daripada 20% dari luas lahan dan setelah itu taman, dan air, jadi betul-betul ini konsep lingkungan yang bagus," kata dia.

"Tahun depanlah (penerimaan mahasiwa baru)," imbuh dia.

Selanjutnya, JK menyerahkan persoalan pembebasan tower pemancar Radio Republik Indonesia (RRI) kepada Kementerian Agama dan RRI. Menurutnya pembongkaran tower itu rampung pada bulan September.

"Kalau tower itu sudah ada persetujuan antara Kementerian Agama dengan RRI untuk segera membuka yang 18, kemudian yang sisa lima secara bertahap. Nanti mudah-mudahan bulan depan. Pertengan September sudah selesai pombongkaran, sehingga bisa maju ketahap pengerjaan selanjutnya," ucapnya.


Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meletakkan batu pertama pembangunan kampus UIII di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, pada Selasa (5/6/2018). Pembangunan kampus itu menelan dana hingga Rp 3,9 triliun.

Jokowi mengatakan pembangunan kampus ditargetkan selesai 4 tahun. Namun, mulai 2019, kampus sudah dapat digunakan untuk beberapa jurusan.



Terkait Insiden Papua, JK Minta Semua Pihak Menahan Diri dan Menghargai:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/tsa)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com