detikNews
Kamis 22 Agustus 2019, 11:28 WIB

Pupuk Indonesia Perkenalkan BUMN ke Puluhan Siswa Asal Maluku

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Pupuk Indonesia Perkenalkan BUMN ke Puluhan Siswa Asal Maluku Foto: Pupuk Indonesia
Jakarta - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Maluku mengikuti materi mengenal lebih dekat Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta. Adapun pengisi materi disampaikan oleh Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra.

Menurut Hambra yang juga sebagai putra daerah Maluku, program SMN ini sudah berjalan selama lima tahun. Adapun peserta SMN merupakan siswa-siswi terpilih dari masing-masing provinsi di Indonesia dengan total peserta di tahun ini sebanyak 900 pelajar.

"Program SMN ini sudah mendapat tempat di hati kita semua dan menjadi bagian dari BUMN untuk membantu generasi muda untuk menanamkan nasionalisme, mengenal Nusantara, teknologi, infrastruktur, dan mengenal NKRI," ucap Hambra dalam keterangannya, Kamis (22/8/2019).


Sementara itu, Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero), Wijaya Laksana berharap bahwa program SMN ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para peserta.

"Sesuai dengan arahan Kementerian BUMN sebagai inisiator kegiatan ini, kami berharap peserta Siswa Mengenal Nusantara ini dapat merasakan dan memiliki kesempatan yang sama dengan pelajar yang berada di Kota Jakarta," ucap Wijaya.

Dari Gedung Kementerian BUMN, peserta SMN asal Maluku kemudian melanjutkan kegiatan menuju Gelora Bung Karno (GBK). Di GBK para peserta mengunjungi venue Aquatic dan mengikuti pelatihan kopi koper yang merupakan mitra binaan PT Indra Karya (Persero).


Salah satu peserta SMN dari SMA 1 Tual, Susana Rahalog, mengaku banyak belajar wawasan baru dan mendapat keluarga baru. Ia juga berharap program SMN ini dapat dipertahankan di tahun mendatang.

"Lewat program ini saya banyak belajar, tidak hanya wawasan yang menjadi lebih luas, tapi juga kami sebagai siswa yang berasal dari wilayah paling timur Indonesia belajar menjadi satu keluarga. Tidak hanya dengan teman-teman dari Maluku tapi juga keluarga Indonesia," ucap Susana.

Sebelumnya, 23 peserta SMN ini telah mengunjungi beberapa pabrik perusahaan BUMN. Mulai dari Pupuk Kujang di Cikampek, Perum Peruri di Karawang, Program 'Sodetan Kali CIliwung' milik PT Indra Karya, dan kawasan Jakarta Industrial Estate (JIEP).

Selain itu, selama program SMN, para peserta juga menerima berbagai materi seperti pembekalan wawasan kebangsaaan dan bela negara bersama dengan Paskhas 461 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma selama dua hari.

Kemudian ada wawasan pendidikan dengan mengunjungi sekolah unggulan MH Thamrin Jakarta, kunjungan Perusahaan dan proyek BUMN, kunjungan berbagi tempat bernilai sejarah dan sosial budaya seperti Monas, melakukan perjalanan dengan MRT, dan wawasan entrepreneurship di Rumah Kreatif BUMN. Selain itu, seluruh peserta juga mengikuti kegiatan Upacara Peringatan HUT RI Ke-74 dan Jalan Sehat yang dilaksanakan di Gedung Kementerian BUMN.

Program ini diinisiasi oleh PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya (Persero).
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com