Tugas Jaksa Eka Cegah Korupsi, Malah 'Main Mata' dengan Korporasi

Round-Up

Tugas Jaksa Eka Cegah Korupsi, Malah 'Main Mata' dengan Korporasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 21 Agu 2019 06:31 WIB
Barang bukti yang dipamerkan KPK terkait OTT jaksa (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Barang bukti yang dipamerkan KPK terkait OTT jaksa (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Lagi-lagi jaksa menjadi 'pasien' di KPK. Bahkan kali ini jaksa yang menjadi tersangka sampai berani 'bermain mata' dengan perusahaan demi mendapatkan proyek dari pemerintah daerah.

Bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Senin, 19 Agustus 2019 di Yogyakarta dan Solo. Seorang jaksa bernama Eka Safitra dijerat KPK.

Eka merupakan jaksa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Yogyakarta yang ditugaskan pada Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah, dan Pembangunan Daerah (TP4D). Tim tersebut bertugas membantu pemerintah daerah dalam lelang proyek dan mencegah terjadinya penyimpangan.

Nah proyek yang dilelang Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta yaitu pekerjaan rehabilitasi saluran air hujan di Jalan Supomo Yogyakarta. Pagu anggaran proyek itu Rp 10,89 miliar. Proyek itu berada pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta untuk tahun anggaran 2019.




Eka sebagai anggota TP4D bertugas membantu agar proyek itu diproses dengan baik tanpa adanya kecurangan-kecurangan. Namun Eka malah berbuat sebaliknya.

"KPK sangat kecewa ketika pihak yang seharusnya melaksanakan tugas mencegah penyimpangan terjadi untuk mendukung pembangunan di daerah justru menyalahgunakan posisi dan kewenangannya sebagai TP4D yang justru mengkondisikan proses lelang untuk memenangkan pihak tertentu," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (20/8/2019).

Alexander menyebut Eka membantu perusahaan mendapatkan proyek tersebut. Bahkan, Eka meminta pejabat pada dinas tersebut mengatur syarat lelang agar perusahaan yang 'dibawanya' memenangkan proyek itu.

Dalam aksinya pun Eka dibantu rekan sesama jaksa. Bagaimana aksi Eka tersebut?

Selanjutnya
Halaman
1 2