detikNews
Selasa 20 Agustus 2019, 18:32 WIB

Polisi Ajukan Asesmen Rehabilitasi Rio Reifan ke BNNP DKI

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Ajukan Asesmen Rehabilitasi Rio Reifan ke BNNP DKI Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Penyidik Subdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya sudah mengajukan permohonan asesmen terhadap artis Rio Reifan ke BNNP DKI Jakarta. Hasil asesmen itu akan menentukan apakah Rio Reifan akan direhab atau tidak.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyebut pihaknya sudah mengajukan asesmen kasus tersebut ke BNNP DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Polisi hingga kini masih menunggu hasil asesmen itu.

"Untuk kasus narkoba Rio Reifan sudah kita kirim pengajuan permohonan asesmen ke BNNP DKI Jakarta pada Jumat, 16 Agustus lalu," kata Argo kepada detikcom, Selasa (20/8/2019).

Dimintai konfirmasi terpisah, Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menyebut pengajuan asesmen merupakan hak tersangka. Polisi juga mempertimbangkan Rio untuk diasesmen karena barang bukti sabu yang diamankan polisi hanya sedikit.



"(Pengajuan asesmen) itu haknya tersangka karena kita terapkan Pasal 127 di situ. Barang bukti sedikit dan hasil gelar perkara kita, kita lakukan asesmen," ungkap Calvijn.

Polisi membawa Rio ke BNNP DKI Jakarta siang tadi. Saat ini, Rio sudah kembali berada di tahanan narkoba Polda Metro Jaya.

"Asesmennya tadi pagi sudah dilakukan (membawa tersangka ke BNNP DKI). Kalau pengajuan asesmennya itu sudah hari Jumat yang lalu. Hasilnya seperti apa nanti menunggu hasil asesmennya kira-kira hasilnya semingguanlah," jelasnya.

Diketahui, polisi menangkap Rio dan menggeledah rumahnya, lalu ditemukan barang bukti, seperti bungkus rokok, pipet, kotak minuman teh, dan plastik klip sisa sabu. Polisi juga menyita sabu seberat 0,0129 gram.

Atas perbuatannya, Rio dikenai Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) juncto Pasal 127 huruf a juncto Pasal 132 ayat 1 UU RI Tahun 2009. Tersangka terancam hukuman penjara 20 tahun hingga seumur hidup.





Tonton Video Eksklusif! Sesal Rio Reifan Terjebak Narkoba Ketiga Kalinya:

[Gambas:Video 20detik]


(sam/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com