detikNews
Minggu 18 Agustus 2019, 21:49 WIB

Tangis Haru Jemaah Haji Kloter 1 Makassar saat Kembali Bertemu Keluarga

M Bakrie - detikNews
Tangis Haru Jemaah Haji Kloter 1 Makassar saat Kembali Bertemu Keluarga Keluarga saat Jemput Jemaah Haji di Makassar (Foto: M Bakrie/detikcom)
Makassar - Ratusan warga sejak sore menunggu kedatangan jemaah haji di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. Jemaah haji yang baru tiba di Tanah Air itu pun tak kuasa menahan tangis saat kembali bertemu keluarganya.

"Yah biar terhimpit begini, kami tetap besyukur karena sudah kembali ke tanah air dengan selamat," kata seorang jemaah haji, Ahmad Yani, Minggu (18/09/2019).


Foto: M Bakrie/detikcom


Keluarga yang menunggu jemaah haji itu tampak berdesak-desakan. Mereka tak sabar bertemu dengan jemaah yang baru tiba di Makassar.

Beberapa kali, tampak petugas keamanan terpaksa mendorong keluarga jemaah yang nekat menerobos dan bahkan ada yang nekat memanjat pagar. Jemaah yang hendak keluar, malah banyak yang terhimpit di tengah kerumunan.



Kedatangan Jemaah haji Kloter pertama debarkasi Makassar, Sulawesi Selatan ini, mengalami keterlambatan selama 2 jam lebih. Semua jemaah Kloter Pertama ini merupakan warga asal kota Makassar.

"Jadi karena padatnya penerbangan di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah sehingga kedatangan sejumlah haji kita ini mengalami keterlambatan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Anwar Abubakar.

Usai tiba dari Bandara, 455 jemaah haji ini disambut oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di Asrama Haji Sudiang. Kloter pertama Makassar ini sebelumnya berangkat pada 17 Juli 2019. Kloter kedua, rencananya akan kembali diterima di Asrama pada Senin (19/08) besok pagi.


(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com