detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 14:14 WIB

Akbar Tandjung Setuju Jaksa Agung Nonparpol: Harus Paham Hukum-Berintegritas

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Akbar Tandjung Setuju Jaksa Agung Nonparpol: Harus Paham Hukum-Berintegritas Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung menghormati keputusan Presiden Joko Widodo yang akan memilih Jaksa Agung dari kalangan nonparpol. Menurutnya, hal itu sudah menjadi hak prerogatif presiden.

"Itu hak prerogatif presiden, kita hormati betul itu," ujar Akbar Tandjung di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

Untuk itu, ia mengajak seluruh partai pendukung Jokowi tidak melakukan lobi-lobi untuk sebuah posisi. Apalagi mendorong soal formasi jabatan struktural.


"Presiden jangan kita dorong-dorong untuk memilih si A, memilih si B, apalagi didorong memilih sekian persen, kita serahkan sepenuhnya kepada beliau," ucap Akbar.

Di sisi lain, Akbar sepakat Jaksa Agung diisi orang di luar partai politik. Namun ia menyarankan Jokowi juga memilih orang yang memahami hukum dan berintegritas tinggi.

"Iya (sepakat). Tapi juga harus memahami masalah hukum. Tentu harus ada integritas yang tinggi, karena kalau tidak, tidak akan mungkin bisa melaksanakan hukum," katanya.


"Tentu betul-betul menempatkan kepentingan negara dan bangsa, dan oleh karena itu jadi kita berikan kesempatan supaya diambil dari orang-orang yang betul-betul, dengan penguasaan hukum tinggi, dan integritasnya juga sudah teruji, dan tidak perlu harus dari orang partai," lanjut Akbar.

Sebelumnya, Jokowi mulai mengungkap desain kabinetnya di periode kedua sebagai presiden. Dari usia, latar belakang, hingga kementerian baru.


Tak hanya itu, menteri dari kalangan profesional adalah 55 persen, sedangkan kalangan parpol 45 persen. Untuk jabatan Jaksa Agung, Jokowi mengatakan akan memberikan kepada orang di nonparpol.

"Jaksa Agung pasti bukan dari parpol," kata Jokowi.
(azr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed