detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 13:21 WIB

Coblos Ulang di TPS Bolobia Sulteng Dilakukan 18 Agustus

Dwi Andayani - detikNews
Coblos Ulang di TPS Bolobia Sulteng Dilakukan 18 Agustus Komisioner KPU Ilham Saputra (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 1 Desa Bolobia, Sulawesi Tengah. KPU mengatakan pencobolsan ini dilakukan 18 Agustus.

"PSU yang di Sigi dilakukan tanggal 18," ujar komisioner KPU Ilham Saputra saat dihubungi detikcom, Jumat (16/8/2019).

Ilham mengatakan, saat ini logistik untuk pencoblosan tersebut telah disiapkan. Selain itu, Ilham mengatakan nantinya warga di TPS tersebut akan kembali diberikan form C6 untuk pencoblosan.

"Iya, logistik sudah siap. Ya, di 1 aja TPS ya," kata Ilham.



MK sebelumnya memerintahkan KPU melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada TPS 1 Desa Bolobia Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Putusan ini terkait gugatan Partai PDI Perjuangan.

Dalam pertimbanganya, MK menyebut terbukti tidak adanya fomulir C7 dalam kotak suara di TPS tersebut. Tidak adanya dokumen ini membuat tidak dapat dipastikannnya kemurnian atau hasil suara, sehingga Mahkamah meragukan hasil kemurnian suara di TPS tersebut.

Diketahui, MK memutuskan mengabulkan 12 perkara terkait gugatan hasil suara Pileg 2019. Dari 12 perkara yang dikabulkan tersebut terdapat putusan berupa Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU). PSU terjadi di Sulawesi Tengah. Sedangkan PSSU terdapat di Sumut, Aceh, Pegunungan Arfak, Surabaya dan Trenggalek.
(zap/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed