detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 07:31 WIB

Kena OTT KPK, Bupati Mesuji Dituntut 8 Tahun Penjara

Andi Saputra - detikNews
Kena OTT KPK, Bupati Mesuji Dituntut 8 Tahun Penjara Bupati Mesuji Khamimi (ari/detikcom)
Bandar Lampung - Bupati Mesuji, Lampung, Khamami dituntut 8 tahun penjara. Khamimi sebelumnya kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK karena menerima suap dari pengusaha terkait proyek pembangunan infrastruktur di Mesuji. Adapun adik Khamimi, Taufik Hidayat, dituntut 6 tahun penjara.

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa I Khamami berupa pidana penjara selama 8 tahun dikurangi selama Terdakwa I berada dalam tahanan dan pidana denda sebesar Rp 300 juta subsidiair 5 bulan kurungan, dengan perintah Terdakwa tetap ditahan," demikian tuntut jaksa sebagaimana dilansir website Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Jumat (16/8/2019).

Tuntutan itu dibacakan di PN Tanjungkarang pada Kamis (15/8) sore. Khamimi dan Taufik Hidayat dinilai jaksa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 12 ayat (1) huruf a UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa II Taufik Hidayat berupa pidana penjara selama 6 tahun dikurangi selama Terdakwa II berada dalam tahanan dan pidana denda sebesar Rp 100 juta subsidair 2 bulan kurungan, dengan perintah Terdakwa tetap ditahan," ujar jaksa.

Jaksa juga meminta majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan kepada Khamimi berupa membayar uang pengganti sebesar Rp 300 juta. Apabila dalam waktu 1 bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap maka jaksa dapat merampas harta benda yang dimiliki untuk membayar.

"Apabila harta Terdakwa tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka digantikan dengan pidana penjara selama 2 tahun," ucap jaksa.

Selain itu, hak politik Khamimi diminta dicabut selama 4 tahun setelah Khamimi selesai menjalani pidana pokoknya.

Sebagaimana diketahui, Khamimi ditangkap KPK pada Januari 2019 lalu. Khamami diduga menerima Rp 1,28 miliar dari Sibron melalui sejumlah perantara. Uang itu diduga merupakan fee pembangunan proyek infrastruktur di Mesuji. KPK menduga uang itu bukanlah pemberian pertama. KPK telah mendeteksi pemberian sebelumnya sebesar Rp 200 juta dan Rp 100 juta.



Video saat Bupati Mesuji Terjaring OTT KPK:

[Gambas:Video 20detik]


(asp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com