Trotoar Dekat MRT Lebak Bulus Bau, Sopir Angkot: Tiap Malam Ada yang Kencing

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 16:48 WIB
Petugas PPSU-Damkar membersihkan bau pesing di trotoar dekat Stasiun MRT Lebak Bulus. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menyebut bau pesing di trotoar menuju Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, disebabkan sopir angkot yang kerap kencing sembarangan. Seorang sopir angkot, Rahmat Hidayat (21), mengaku setiap malam melihat orang kencing di lokasi yang memang menjadi tempat mangkal angkot itu.

Rahmat adalah sopir angkot 08 rute Bintaro-Lebak Bulus-Pondok Aren. Rahman mengaku dia dan seluruh sopir angkot 08 tidak pernah kencing di tempat itu. Yang kencing adalah sopir angkot rute lain.

Tidak hanya sopir angkot, sopir taksi juga melakukan itu. "Kalau sopir angkot rata-rata tiap malam kencing di sini. Kadang sopir taksi," kata Rahmat saat ditemui di lokasi, Kamis (15/8/2019).


Menurut Rahmat, sopir biasanya kencing di daerah itu pada malam hari. Rahmat mengaku setiap malam melihat sopir kencing di situ.

"Tiap malem. Kalau siang-siang mah nggak berani dia, Bang. Kalau siang-siang paling orang kencing sembarangan di kebon, di got, pinggir jalan. Kadang tiap malem di sini," ucapnya.

Trotoar Dekat MRT Lebak Bulus Bau, Sopir Angkot: Tiap Malam Ada yang KencingRahmat Hidayat, sopir angkot 08 di dekat Stasiun MRT Lebak Bulus. (Jefrie/detikcom)

Di sekitar lokasi, ada toilet umum yang disediakan warung makan di seberang jalan tapi berbayar. Para sopir biasanya malas menyeberang, apalagi berbayar. WC umum itu juga tutup di atas pukul 24.00 WIB.

Selain itu, Rahmat menuturkan para sopir biasanya buang air kecil di toilet umum yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi angkot mangkal.


Rahmat mengatakan kondisi bau pesing itu juga menjadi keluhan penumpang. Penumpang bahkan minta diturunkan karena tidak tahan.

"Iya sih ada (mengeluh), 'Bang, minggir aja, Bang, bau Bang ini Bang.' Ya udah saya pinggirin," tuturnya.

Sebelumnya, bau pesing yang tercium di trotoar menuju Stasiun MRT Lebak Bulus dikeluhkan masyarakat. Pekerja PPSU menyebut bau pesing itu disebabkan sopir angkot yang kerap kencing sembarangan di lokasi.

"Sopir angkot. Kebanyakan kan sopir angkot yang di sini. Memang angkot ini terlalu banyak di sini, jadi dia kencing sembarangan aja," kata salah satu petugas PPSU, Romli, di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Kamis (15/8).



Tonton juga video Begini Kondisi Proyek Trotoar yang Disebut Perparah Polusi Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]

(idh/fdn)