Round-Up

Tilang Elektronik 'Salah Alamat', Polisi Kena Gugatan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 15 Agu 2019 07:54 WIB
ILUSTRASI/Foto: Lamhot Aritonang



Sementara Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir menjelaskan mekanisme tilang elektronik. Surat tilang memang dilayangkan ke alamat yang sesuai dengan yang tertera pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Nasir juga menegaskan, dalam proses pengiriman surat tilang, polisi menyertakan surat konfirmasi. Konfirmasi ini merupakan ruang bagi yang ditilang untuk membela diri atau mengoreksi apabila terdapat kekeliruan dalam proses tilang tersebut.

"Surat konfirmasi dugaan pelanggaran E-TLE dikirim sesuai alamat yang ada di STNK," kata Nasir dalam keterangannya, Rabu (14/8/2019).

Nasir menyayangkan Denny tidak melakukan konfirmasi atas tilang tersebut. "Padahal suratnya 'kan perihalnya surat konfirmasi ETLE," imbuhnya.





Ada beberapa cara untuk melakukan konfirmasi terkait tilang elektronik. Masyarakat bisa melakukannya via website atau datang langsung ke kantor Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Untuk konfirmasi bisa dilakukan dengan website etle.pmj.info, bisa dengan QR yang ada di dalam surat, via WA maupun datang sendiri di Jalan MT Haryono, Pancoran," tuturnya.
(fdn/fdn)