ADVERTISEMENT
detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 20:13 WIB

PDIP dan Gerindra Imbang di Medan, Sama-sama Raih 10 Kursi DPRD

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
PDIP dan Gerindra Imbang di Medan, Sama-sama Raih 10 Kursi DPRD Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Medan. (Khairul/detikcom)
Medan - PDI Perjuangan dan Gerindra mendominasi perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan. Keduanya sama-sama memperoleh 10 kursi dari total 50 kursi yang ada.

Perolehan kursi dari Pemilu 2019 itu ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dalam Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Medan dalam Pemilu Tahun 2019 di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Rabu (14/8/2019). Rapat itu dipimpin Ketua KPU Medan Agussyah Ramadani Damanik.


Selain itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 7 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 6 kursi. Sedangkan Golkar, Demokrat, dan NasDem sama-sama memperoleh 4 kursi. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Hanura sama-sama memperoleh 2 kursi serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendapatkan 1 kursi.

"Perolehan suara itu merupakan perolehan suara dari daerah pemilihan satu sampai daerah pemilihan lima Kota Medan," kata Agussyah.


Ditambahkannya, penetapan ini dilakukan setelah melalui proses rekapitulasi. Selain itu, telah selesai putusan oleh Mahkamah Konstitusi untuk menetapkan perolehan kursi.

"Langkah berikutnya akan diusulkan pelantikan sesuai dengan prosedur yang ada," katanya.
(rul/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed