detikNews
Rabu 14 Agustus 2019, 13:19 WIB

Mendikbud: Jakarta Penuhi Syarat Terapkan PPDB Zonasi Penuh

Andhika Prasetia - detikNews
Mendikbud: Jakarta Penuhi Syarat Terapkan PPDB Zonasi Penuh Mendikbud Muhadjir Effendy/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut, sekolah di DKI Jakarta sudah memenuhi syarat menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis zonasi secara penuh. Alasannya, kualitas sekolah di ibu kota sudah merata.

"DKI menurut saya sangat memenuhi syarat untuk melaksanakan zonasi penuh, termasuk DIY. Karena kualitas sekolah relatif merata," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

Muhadjir mengatakan, kemacetan di ibu kota dapat berkurang jika DKI Jakarta menerapkan zonasi penuh. Begitu juga dengan Daerah Istimewa Yogyakarta yang dinilainya sudah memenuhi syarat.





"Sehingga kalau zonasi bisa dilakukan penuh, anak itu sekolah di sekolah terdekat, maka kesemrawutan transportasi, yang bikin macet kan 70 persen orang tua antar anak ke sekolah, itu mungkin bisa dikurangi agak drastis. Buktinya kalau libur, DKI sepi kan? Jadi sebetulnya mestinya DKI bisa mengadopsi penuh karena sekolahnya relatif merata kualitasnya," paparnya.

"Sehingga anak-anak tidak perlu sekolah jauh-jauh, cukup di tempat itu. Kalau bisa SD cukup jalan kaki, naik sepeda, bahkan menurut saya juga bisa jadi contoh untuk daerah lain," imbuhnya.





Pembagian kuota zonasi PPDB di DKI Jakarta sebelumnya pernah disorot Ombudsman. Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menjawab dan
mengaku tidak mengeluarkan peraturan berbeda dengan Kemendikbud soal kuota zonasi di PPDB. Disdik DKI mengaku menetapkan kuota zonasi berdasarkan kelurahan dan provinsi.

"Bukan perbedaan, hanya kita bagi. Ada zonasi kelurahan, ada zonasi tingkat provinsi. Semua kan zonasi. Jadi, ada zonasi basis kelurahan. Paling dekat mana?" ucap Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono, saat dihubungi, Selasa (25/6).



Pengumuman! Mendikbud Akan Rekrut 148 Ribu Guru PNS di 2019:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed