detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 14:41 WIB

Dipertahankan TNI, Indeks Moderasi Bernegara Enzo Allie 84%

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Dipertahankan TNI, Indeks Moderasi Bernegara Enzo Allie 84% Enzo Zenz Allie (Foto: Situs TNI AD)
Jakarta - TNI mempertahankan Enzo Zenz Allie sebagai taruna Akademi Militer (Akmil). Alasannya adalah karena indeks moderasi bernegara Enzo sudah memenuhi standar.

Setelah muncul kabar viral yang mengaitkan Enzo dengan HTI, TNI AD melakukan salah satu alternatif penilaian lagi bagi para taruna Akmil. TNI AD mengklaim pengukuran itu dapat dipertanggungjawabkan karena sudah digunakan selama 8 tahun.

"Kesimpulannya Enzo Zenz Allie dilihat dari indeks moderasi bernegara itu ternyata kalau dikonversi menjadi presentase itu memiliki nilai 84% atau nilainya di situ 5,9 dari maksimum 7," kata Kepala Staf TNI AD (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, dalam jumpa pers di Mabesad, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).



Sebelumnya, Enzo ramai dikaitkan dengan organisasi terlarang HTI karena foto pria diduga dirinya membawa bendera tauhid. TNI tidak membantah ataupun membenarkan soal foto itu.

"Yang di sosial media itu bukannya tidak benar. Kami pasti menerima info apa saja. Tapi kami kan juga ingin tahu nih yang bersangkutan bagaimana dia," ucap Andika.

"Misalnya yang saya sebut tadi indeks moderasi bernegara tadi misalnya pandangan yang bersangkutan mau pun taruna yang kita ambil, kita ukur ya, apa pandangan mereka tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia, tentang keberagaman, toleransi beragama, bagus anak-anak ini," sambungnya.

Dipertahankan TNI, Indeks Moderasi Bernegara Enzo Allie 84%Foto: Jumpa pers KSAD Jenderal Andika Perkasa tentang Enzo Allie (Jefrie/detikcom)




Meski demikian, hasil pengukuran ini tidak berlaku selamanya. Taruna-taruna ini akan mengikuti evaluasi berkala sebelum nantinya bisa menjadi anggota aktif TNI.

"Penilaian terhadap calon pada masa pendidikan dan karena tahap yang diikuti Enzo ini selama 4 tahun maka selama 4 tahun itu pula penilaian berlaku dan tidak semuanya berhasil," ungkap Andika.


Simak Video "TNI Pertahankan Enzo sebagai Taruna Akmil"

[Gambas:Video 20detik]

Dipertahankan TNI, Indeks Moderasi Bernegara Enzo Allie 84%


(imk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed