Kapolri: Penyebab Karhutla 90% Ulah Manusia

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 12 Agu 2019 21:25 WIB
Ilustrasi (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan penyebab kebakaran hutan dan lahan 90 persen karena faktor manusia. Salah satunya kegiatan pembukaan lahan atau land clearing.

"Tadi informasi yang dikumpulkan, termasuk tadi Kepala BNPB itu, di atas 90% penyebabnya adalah manusia. Artinya karena land clearing menggunakan cara pembakaran," tutur Tito di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Senin (12/8/2019).



Oleh sebab itu, Tito berpendapat langkah jangka pendek yang dapat dilakukan Polri adalah melakukan penegakan hukum untuk memberi efek jera kepada para pelaku pembakaran. Dia mengaku telah memerintahkan polda se-Indonesia untuk menindak tegas pelaku.

"Untuk situasi saat ini, jangka pendek penegakan hukum yang utama dulu. Saya sudah menugaskan kepada jajaran Polda seluruh Indonesia untuk melakukan tindakan tegas, proses hukum kepada yang melakukan pembakaran. Dan bahkan setiap orang boleh," tegas Tito.



Dia mengatakan prajurit TNI juga dapat bertindak tegas jika menangkap basah pelaku pembakaran. "Termasuk juga saya meminta jajaran Panglima TNI, kalau tertangkap tangan itu boleh dilakukan penangkapan dan segera diserahkan kepada penyidik Kepolisian setempat," ucap Tito.

"Sudah ada yang ditangkap, sudah banyak. Tapi kita ingin agar tindakan lebih tegas baik kepada perorangan maupun kepada perusahaan sehingga memberikan efek jera," imbuh Tito.

Tito menuturkan agar masalah penegakan hukum terhadap kooporasi tertangani dengan baik, dirinya memerintahkan Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri, Brigjen Fadil Imran, untuk ikut meninjau lokasi.

"Saya juga membawa Direktur Tipditer dari Bareskrim khusus untuk masalah korporasi. Dia akan memberikan asistensi," tandas Tito. (aud/knv)