detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 11:49 WIB

Fadli Zon Tak Masalah Usulan PAN Pimpinan MPR Jadi 10: Why Not?

Tsarina Maharani - detikNews
Fadli Zon Tak Masalah Usulan PAN Pimpinan MPR Jadi 10: Why Not? Wakil Ketua DPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai usulan elite PAN agar pimpinan MPR menjadi 10 orang sah-sah saja. Apabila usulan itu disepakati bersama, maka bagi Fadli, bukan tidak mungkin susunan pimpinan MPR akan berubah.

"Kalau disepakati bersama, why not?" kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Fadli--yang juga Wakil Ketua DPR--mencontohkan revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD, DPRD (UU MD3) dari sebelumnya Nomor 17 Tahun 2014 ke Nomor 2 Tahun 2018. Pada UU MD3 Nomor 17 Tahun 2014, pimpinan MPR terdiri dari 1 ketua dan 4 wakil, tetapi pada revisi UU MD3 Nomor 2 Tahun 2018 susunan itu berubah menjadi 1 ketua dan 7 wakil.

Berkaca dari itu, Fadli menilai penambahan kursi pimpinan MPR bukan mustahil akan terjadi di kemudian hari melalui revisi UU MD3. Namun sekali lagi Fadli menekankan prasyarat kesepakatan bersama.

"Nanti tergantung pada musyawarah. Tapi kan perlu ada kesepakatan bersama dan aturan, dalam hal ini UU MD3-nya," kata Fadli.




"Jadi wacana itu sah-sah saja dilontarkan," imbuh Fadli.

Sebelumnya usulan tentang 10 kursi pimpinan MPR dilontarkan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN Saleh Daulay. Dia melemparkan usulan itu untuk meredakan ribut-ribut perebutan 'kursi panas' itu demi mengakomodasi semua fraksi.

"Awal periode ini kan pimpinan MPR 5 orang. Setelah beberapa saat, diubah menjadi 8 orang. Tentu sangat baik jika pimpinan yang akan datang disempurnakan menjadi 10 orang dengan rincian 9 mewakili fraksi-fraksi dan 1 mewakili kelompok DPD. Soal siapa ketuanya, bisa dimusyawarahkan untuk mencapai mufakat," kata Saleh, Minggu (11/8).


Tonton video Bila Kadernya jadi Menteri, PAN Tetap Oposisi:

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed