Ketua DPR: RUU Keamanan Siber Selesai Akhir September

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 12 Agu 2019 11:51 WIB
Foto: Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Dok. Istimewa)
Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berharap RUU Keamanan Siber bisa disahkan tahun ini. Merespons itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan RUU tersebut bakal selesai akhir September 2019.

"Jadi RUU Siber ini udah masuk Prolegnas 2019 dan akan kita selesaikan di akhir September. Dan sekaligus juga sudah selesai naskah akademiknya dan penyusunan substansi materi dan pemuatan teknis penyusunan RUU dan naskah akademiknya," kata Bamsoet dalam diskusi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).

"Dan sudah juga memperoleh masukan dari berbagai pihak, para stakeholder termasuk dari BSSN itu sendiri. Tinggal kita menunggu penyelesaiannya pembahasan di alat kelengkapan dewan, dalam hal ini Baleg," imbuhnya.


Bamsoet menyebut RUU Keamanan Siber penting untuk menjaga aset dalam negeri. Saat ini, seluruh fraksi di DPR juga sudah menyetujui RUU tersebut.

"Undang-undang keamanan siber adalah untuk melindungi segala aset untuk hajat hidup orang banyak dari kemungkinan sabotase dan aneka upaya lain yang merusak aset kita, keonaran dan gangguan keamanan," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala BSSN Hinsa Siburian berharap RUU Keamanan Siber bisa rampung tahun ini. Hinsa menilai keamanan siber juga penting untuk menjaga infrastruktur dalam negeri.

"Saya berharap agar RUU Keamanan dan Pertahanan Siber dapat disahkan. Ini kita sangat berharap dan DPR RI ini juga sama dengan kita, kita berharap dapat disahkan pada tahun 2019 ini, sebagai landasan hukum dalam tata kelola keamanan siber nasional untuk mewujudkan kedaulatan siber nasional berkelas dunia," kata Hinsa dalam sambutannya pada diskusi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).


Hinsa menyebut, daftar isian RUU itu sudah diserahkan ke pemerintah. Pemerintah juga sudah melakukan rapat membahas RUU tersebut.

"Beberapa minggu yang lalu sudah diserahkan ke pemerintah dan sudah ada rapat di Setneg kemarin, jadi BSSN sudah menyerahkan daftar isian untuk melengkapinya," ujarnya.



Tonton video Perkuat Keamanan Siber, Polri Gandeng ITB dan Korea Selatan:

[Gambas:Video 20detik]

(abw/idh)