Pemprov DKI-Rumah Zakat Olah Daging Kurban untuk Korban Kebakaran

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 11 Agu 2019 16:27 WIB
Ilustrasi daging kurban. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia dalam mengelola daging kurban. Kerja sama tersebut terkait pembuatan kornet dari daging kurban untuk korban kebakaran.

"Kita kerja sama dengan Rumah Zakat Indonesia. Jadi mereka (Rumah Zakat) menerima hewan kurban dari kita, kemudian mereka akan mengolahnya menjadi kornet dan rendang," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta, Premi Lasari, saat dihubungi, Minggu (11/8/2019).


Premi menjelaskan, pembuatan kornet dan rendang dilakukan karena makanan tersebut bisa tahan dalam waktu yang cukup lama. Terkait pemanfaatan kornet dan rendang tersebut, menurut Premi, merupakan arahan Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Tadi, arahannya Pak Gubernur itu nanti buat korban kebakaran. Ini kan banyak data kebakaran. Tahannya selama 6 bulan," terang Premi.

Makanan olahan tersebut nantinya juga akan disimpan di beberapa lembaga, salah satunya Baznas. Premi mengaku sudah pernah mencicipinya.

"Untuk korban kebakaran, kita berikan kornet. Mudah-mudahan stoknya banyak sehingga bisa kita simpan. Nanti disimpan di Baznas, BAZIS, dan di Korpri," jelasnya.

"Iya kaleng, kayak kita makan kornet, tapi bedanya kalau ini sudah langsung bisa dimakan. Saya sudah pernah makan sampelnya. Jadi dibuka, langsung dimakan," imbuh Premi.


Premi menuturkan, pada Senin (12/8) Rumah Zakat akan memberikan secara simbolis kornet siap makan itu. Namun, Premi belum mengetahui berapa jumlah kornet yang dihasilkan.

"Besok Senin, RZ (Rumah Zakat) akan menyerahkan secara simbolis kepada Pak Gubernur besok. Besok ada acaranya di lenggang IRTI Monas pukul 11.00 WIB. Bisa lihat contoh kaleng seperti apa, maksudnya kornetnya seperti apa," ucap Premi.


Anies Janjikan Daging Kurban Siap Saji ala Hotel Berbintang:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/zak)