detikNews
Sabtu 10 Agustus 2019, 17:58 WIB

Istiqlal Siapkan Penerjemah-Saf Khusus Jemaah Disabilitas saat Salat Idul Adha

Farih Maulana Sidik - detikNews
Istiqlal Siapkan Penerjemah-Saf Khusus Jemaah Disabilitas saat Salat Idul Adha Wakil Ketua Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah (Foto: Farih/detikcom)
Jakarta - Masjid Istiqlal akan menyelenggarakan Salat Idul Adha 1440 H pada Minggu besok. Untuk pertama kalinya, Masjid Istiqlal menyediakan saf khusus dan penerjemah bahasa isyarat untuk jemaah disabilitas.

"Nah itu tadi, jadi untuk pertama kalinya di Masjid Istiqlal Idul Adha kali ini kami menyediakan penerjemah dalam bahasa isyarat," ujar Wakil Ketua Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (10/8/2019).

"Mereka yang difabel harus pake kode ya, makanya bituh shaf khusus biar tidak mengganggu jamaah yang lain," sambungnya.



Abu mengatakan pihaknya mengundang 300 hingga 500 penyandang disabilitas untuk bisa salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Abu menyebut pengelola masjid sudah menyiapkan fasilitas mulai dari tempat wudu, tangga khusus, hingga shaf khusus penyandang disabilitas.

"Kami sudah siapkan tangganya, lift khusus di pintu Arrahman. Ada tempat wudu juga khusus untuk mereka, ini sejarah untuk pertama kalinya," kata Abu.



Abu berharap masjid lain yang berada di Indonesia bisa menerapkan hal yang sama. Hal tersebut, kata Abu untuk memberikan kesamaan pelayanan dalam hal keagamaan.

"Karena kan kawan difabel itu sebenarnya normal kaya kita. Cuma mereka juga tidak mendengar ya alangkah naifnya selama ini pesan-pesan agama itu tidak pernah tersampaikan kepada mereka karena tidak ada penerjemahannya," pungkasnya.



Anies Minta Walikota Urus Lapak Hewan Qurban di Trotoar:

[Gambas:Video 20detik]


(knv/knv)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com