detikNews
Kamis 08 Agustus 2019, 23:12 WIB

Lapas Overkapasitas, Habib Bahar Bercampur dalam Sel Isi 7 Napi

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Lapas Overkapasitas, Habib Bahar Bercampur dalam Sel Isi 7 Napi Habib Bahar bin Smith menandatangani dokumen di Lapas Pondok Rajeg, Cibinong. (Foto: Istimewa)
Kabupaten Bogor - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Pondok Rajeg yang ditempati Habib Bahar bin Smith mengalami kelebihan kapasitas. Selama tujuh hari pertama, Bahar akan berada di sel berisi tujuh orang narapidana.

"Bercampur, karena kita overkapasitas," kata Kalapas Kelas II-A Pondok Rajeg Cibinong, Agung Krisna, di lapas yang terletak di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, ini, Kamis (8/8/2019).


Dia menjelaskan, Lapas Pondok Rajeg berkapasitas 845 orang. Namun kini Lapas ini dihuni 1.431 orang, dan kini bertambah tiga napi, termasuk Bahar.

Bahar akan menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) selama tujuh hari pertama. Dia ditempatkan di sel tipe 7 berkapasitas 7 orang. Setelah tujuh hari pertama, Bahar akan dipindah ke sel lain lagi.

"Kita belum memastikan sel yang akan dia tempati usai Mapenaling. Yang jelas, di Lapas ini ada sel tipe 5 (kapasitas 5 napi) dan tipe 7 (kapasitas 7 napi)," kata Agung.


Namun sel tipe 5 di sini tidak diisi 5 orang sesuai dengan kapasitasnya, begitu pula sel tipe 7 tidak diisi 7 orang sesuai dengan kapasitasnya. Semua sel di sini diisi napi berjumlah melebihi kapasitasnya.

"Satu sel maksimal kita isi 2 kali lipat. Kalau tipe 7 maka maksimal diisi 14 orang," kata dia.

Lapas Overkapasitas, Habib Bahar Bercampur dalam Sel Isi 7 NapiFoto: Kalapas Kelas II-A Cibinong Agung Krisna (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Dia menekankan tak ada perlakuan khusus yang akan didapat Habib Bahar di Lapas ini. Semua napi diperlakukan sama.

"Yang jelas, dia (Habib Bahar) nanti tidak mungkin hanya sendirian atau bertiga di sel," kata Agus.


Bahar ditempatkan di lapas ini berdasarkan permintaan pihak keluarganya. Bahar dipastikannya berada dalam kondisi sehat. Dia melihat Bahar sempat merokok beberapa saat yang lalu. Tak ada permintaan khusus lain dari Bahar kecuali dia ingin tidur nyenyak.

"Permintaan khususnya tidur dengan nyenyak," kata Agus.
(dnu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com