BNPB Kirim Heli Water Bombing Padamkan Karhutla di Aceh Barat

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 15:59 WIB
Foto: Ilustrasi kebakaran hutan (Raja-detik)
Banda Aceh - BNPB mengirimkan satu unit helikopter water bombing untuk membantu upaya pemadaman kebakaran lahan di Aceh Barat, Aceh. Rencananya, heli tiba di Nagan Raya, Aceh besok.

"Bupati Aceh Barat telah mengajukan surat meminta bantuan heli water booming. Hari ini sudah dalam perjalanan. Mungkin paling tidak besok sudah tiba di Nagan Raya," kata Kepala BNPB Letjen (TNI) Doni Monardo, kepada wartawan usai mengisi kuliah umum di Unsyiah Aceh, Rabu (7/8/2019).

Menurutnya, sesuai perintah Presiden Jokowi pencegahan kebakaran lahan jauh lebih baik dibandingkan penanggulangan. Seharusnya, petugas dapat mencegah terjadinya kebakaran lahan.



Di Aceh, kebakaran lahan gambut terjadi Aceh Barat dan Nagan Raya. Puluhan hektare lahan terbakar sejak beberapa hari lalu. Upaya pemadaman sulit dilakukan karena lokasi rata-rata tidak dapat dijangkau armada pemadam.

"Aceh termasuk tingkat kebakarannya masih kecil tapi ada satu kawasan di Aceh Barat dan Nagan Raya ada kawasan gambut sudah beberapa hari dipadamkan tapi belum padam-padam," jelas Doni.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek, mengatakan, luas lahan yang terbakar di Aceh Barat dan Nagan Raya mencapai 63.3 hektare. 90 persen lokasi terbakar sudah dapat dipadamkan.

"Hambatan di lapangan saat ini yaitu keterbatasan sumber air dilokasi untuk dilakukan pemadaman," jelas Dadek.


Diwanti-wanti Presiden Jokowi Soal Karhutla, Ini Jawaban Polri:

(agse/rvk)