Khofifah dan Warga Surabaya Gelar Salat Gaib untuk Mbah Moen

Amir Baihaqi - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 22:57 WIB
Salat gaib atas wafatnya KH Maimun Zubair atau Mbah Moen di Masjid Al Akbar, Surabaya, Jawa Timur. (Amir/detikcom)
Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama warga Surabaya menggelar salat gaib atas wafatnya KH Maimun Zubair atau Mbah Moen. Khofifah dan warga mendoakan Mbah Moen husnul Khatimah.

Salat gaib digelar di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) seusai salat Isya, Selasa (6/7/2019). Ribuan warga dengan khusyuk mengikuti salat gaib.

"Kita semua baru selesai melaksanakan salat gaib. Kita niatkan, kita hadiahkan kepada almaghfurlah almarhum Mbah Yai Maimun Zubair," kata Khofifah kepada wartawan setelah mengikuti salat gaib.

"Dan kita juga menghadiahkan tahlil mudah-mudahan sampai doa kita dan mengantarkan bahagianya Mbah Yai Maimun Zubair menuju jannatullah dan semoga husnul khatimah," sambungnya.


Di mata Khofifah, Mbah Moen merupakan tokoh yang tidak hanya disegani oleh umat muslim di Indonesia, tapi juga dihormati habaib dan ulama dari dalam ataupun luar negeri.

"Saya melihat sangat banyak habaib-habaib yang hormat kepada beliau. Jadi beliau dihormati para habaib, para ulama, para masyayikh (syekh-syekh) dalam dan luar negeri," ujarnya.


Untuk itu, Khofifah menyebut saat ini sangat sulit menemukan sosok sekaliber KH Maimun Zubair. Untuk itu, dia berharap di masa mendatang lahir tokoh seperti almarhum Mbah Moen.

"Mudah-mudahan saja Allah melahirkan sosok seperti Mbah Maimun Zubair tidak mudah saya rasa menemukan sosok sekualitas, searif, sebijak, dan seluas wawasan seperti Mbah Maimun Zubair hari ini," pungkasnya. (idh/idh)