Ombudsman Bakal Panggil Direksi PLN soal Listrik Padam Massal

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 06 Agu 2019 14:43 WIB
Anggota Ombudsman Laode Ida (Yulida/detikcom)
Jakarta - Ombudsman mengadakan investigasi terkait pemadaman listrik massal pada Minggu (4/8) kemarin. Ombudsman akan memanggil direksi PLN dan pihak lainnya terkait investigasi itu.

"Pada hari Kamis nanti (dipanggil). Hari ini kami layangkan surat secara langsung kepada direksi PLN dan pihak yang terkait, termasuk Dirjen Ketenagalistrikan, YLKI, dan masyarakat pengguna listrik," kata anggota Ombudsman Laode Ida di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (6/8/2019).

"Kami hadirkan di sini, dimintai pendapatnya dan kita mulai investigasi. Artinya, kita menyatakan sikap mulai investigasi khusus terhadap peristiwa blackout kelistrikan di Jabar, Jakarta, dan Banten," sambungnya.



Laode menyayangkan pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu hingga Senin kemarin di beberapa daerah. Ia menyebut sejumlah pelayanan publik, termasuk KRL, MRT Jakarta, dan pelayanan umum lainnya terganggu. Selain itu, ujarnya, usaha banyak masyarakat rugi hingga ratusan juta rupiah.

Ombudsman akan mempertanyakan penyebab pemadaman massal dan gangguan yang terjadi di beberapa pembangkit listrik. Ombudsman menyayangkan lamanya penanganan yang dilakukan PLN terhadap peristiwa itu.

Laode menyebut permintaan maaf oleh direksi PLN tidak cukup karena banyak masyarakat yang dirugikan. Dia meminta pemerintah bersikap tegas terhadap manajemen PLN.

"Ketika mereka melakukan kesalahan, tidak profesional menjalankan tugasnya, tidak memiliki dedikasi misalnya bahkan itu harusnya menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menjadikan mereka apakah diminta mundur dsb, itu harusnya jangan menyatakan itu kan peristiwa disengaja atau masalah teknis," kata Laode.



"Kalau ini human error, harus dijawab oleh tanggung jawabnya serius pada pihak penyelenggara atau pelaksana pengelola PLN itu sendiri," ungkapnya.

Sementara itu, terkait pelaporan kelompok masyarakat Forum Advokat Muda Indonesia atas direksi PLN mengenai pemadaman listrik massal, Ombudsman juga akan menanganinya. Namun Ombudsman akan menangani pelaporan itu secara terpisah dengan investigasi yang dilakukan pihaknya.

"Tentu saja kalau ada masyarakat mengadu, kami apresiasi. Kewajiban Ombudsman adalah menangani atau memproses atau menindaklanjuti pengaduan itu," kata Laode.



Video Suasana di Gardu Induk Ungaran Pascagangguan Transmisi:

[Gambas:Video 20detik]

(yld/rvk)