detikNews
2019/08/06 10:47:34 WIB

Round-Up

Lika-liku drg Romi Akhirnya Jadi Pegawai Negeri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Lika-liku drg Romi Akhirnya Jadi Pegawai Negeri drg Romi Syofpa Ismael (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Lika-liku perjuangan drg Romi Syofpa Ismael yang gagal jadi PNS karena disabilitas akhirnya berbuah hasil. Hari ini, drg Romi secara resmi akan mendapatkan haknya untuk bekerja sebagai PNS.

Mulanya, kasus drg Romi mulai heboh pada 22 Juli 2019. Sebelum ikut tes CPNS, drg Romi diketahui telah mengabdi sebagai dokter honorer di Puskesmas Talunan. Setelah itu, ia diangkat menjadi pekerja tidak tetap. Pada 2016, drg Romi mengalami paraplegia setelah melahirkan, yang memaksanya menggunakan alat bantu kursi roda untuk aktivitas sehari-hari.



Namun drg Romi tetap mengabdi di Puskesmas dan tidak ada masalah dalam penanganan pasien gigi di puskesmas. Hingga muncul seleksi CPNS 2018 dan ia ikut seleksi. Saat itu, hasil ujian seleksi drg Romi menduduki ranking pertama.

Setelah lolos tes kompetensi, drg Romi mengikuti tes kesehatan. Terjadilah perdebatan apakah drg Romi lolos kesehatan atau tidak sebagai dokter gigi.

drg Romi lalu mengikuti tes di RSUD Solok dan dinyatakan sehat. Untuk memperkuat argumen itu, dilakukan tes lagi di dokter ahli okupasi di Padang dan di Pekanbaru. Hasilnya menyatakan drg Romi tidak ada masalah kesehatan untuk melakukan aktivitasnya sebagai dokter gigi.

Namun tiba-tiba Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menganulir drg Romi yang lolos tes. Versi Pemda Solok Selatan menilai penganuliran tes CPNS drg Romi sudah melewati beberapa tahapan. Menurut pemda Solok Selatan, drg Romi tidak memenuhi syarat formasi.

Romi tidak bisa menerima keputusan Bupati Solok Selatan yang menganulir kelulusannya dalam seleksi CPNS. Dia lantas melaporkan Pemkab Solok Selatan ke Ombudsman dan berencana menggugat Bupati Solok Selatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dengan bantuan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang. Saat itu, Pemkab Solok Selatan juga siap menghadapi gugatan drg Romi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed