Massa Demo Driver Taksi Online di Blok M Bubar, Lalin Kembali Lancar

Matius Alfons - detikNews
Senin, 05 Agu 2019 18:56 WIB
Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Ratusan driver taksi online yang berunjuk rasa di depan kantor Go-Jek, Blok M, Jakarta Selatan, membubarkan diri pada pukul 18.15 WIB. Kondisi lalin pun kembali lancar.

Sebelumnya, massa sempat menutupi sebagian ruas Jalan Iskandar Syah. Massa juga sempat membakar ban.

Setelah difasilitasi oleh pihak kepolisian, massa akan bertemu kembali dengan pihak Go-Jek dalam forum group discussion (FGD) di Polda Metro Jaya pada pekan depan. Hal itu disampaikan oleh koordinator lapangan, Wiwid, melalui pengeras suara sebelum membubarkan massa.

"Baik, begini, perlu saya sampaikan hasil mediasi, tadi difasilitasi aparat kepolisian, tanggal 12 atau 13 (Agustus) perwakilan kita akan dimediasi melalui FGD di Polda Metro Jaya, Polda fasilitasi dan PT Go-Jek diundang ke sana, akan kita bahas di sana," kata Wiwid melalui pengeras suara di lokasi, Senin (5/8/2019).

Wiwid juga meminta para driver yang berunjuk rasa membubarkan diri. Ia menyebut pembahasan soal tuntutan massa akan dibahas bersama dalam FGD.



"Karena waktu sudah larut malam, (FGD) mau bahas skema layaknya berapa, insentif berapa layaknya, akan diputuskan. Jadi karena waktu larut dan temen-temen jauh, silakan balik kanan dengan tertib," ucap Wiwid.

Sementara itu, VP Corporate Affairs Go-Jek Michael Reza mengatakan unjuk rasa hari ini berjalan dengan produktif. Ke depannya, sebut Michael, pihak Go-Jek akan berdiskusi dengan mitra terkait poin-poin yang disebutkan dalam unjuk rasa.

"Hasil hari ini cukup produktif, kami dari pagi ada satu komunitas yang datang, lalu sekarang ada beberapa perwakilan komunitas roda dua dan empat. Intinya kita akan bahas lebih lanjut lagi terkait kebijakan Go-Jek yang baru. Kita akan tanya masalahnya di mana dan ditelaah lebih detail dengan dibicarakan dengan baik," ucap Michael.

Pantauan detikcom, terlihat massa mulai membubarkan diri dari depan Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, pada pukul 18.15 WIB. Mereka membubarkan diri dengan tertib.

Situasi lalu lintas di Jalan Iskandarsyah Raya arah ke Jalan Trunojoyo dan arah sebaliknya terlihat normal. Sejumlah polisi yang melakukan pengamanan juga berangsur membubarkan diri. (maa/mea)