Djarot Sepakat Ada Perluasan Ganjil-Genap di Jakarta

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 17:13 WIB
Djarot Saiful Hidayat. (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat sepakat jika perluasan sistem ganjil-genap di DKI Jakarta diperluas. Bahkan jika perlu diatur juga waktu pengoperasiannya.

"Kalau ganjil-genap oke perluas dong. Harus diperluas dan bukannya diperluas, tapi juga jamnya jadi semuanya," kata Djarot di kantor DPP PDIP, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/8/2019).

Meski demikian, menurut Djarot, penerapan sistem ganjil-genap hanya solusi jangka pendek untuk mengantisipasi polusi Jakarta. Dia mengatakan harus ada terobosan lain, salah satunya menerapkan electronic road pricing (ERP).

"Yang kita dorong misalkan ERP harus ada. Kalau ada ERP, ganjil-genap nggak usah. Tapi kalau punya mobil, kayak nggak mau naik angkutan umum, masuklah ERP, bayar. Tapi kalau angkutan umum tidak bagus, kita salah juga. Saling terkait," ujarnya.



Di sisi lain, eks Gubernur DKI Jakarta ini menolak apabila kendaraan roda dua alias motor ikut terkena penerapan ganjil-genap. Menurut dia, kebijakan itu tidak menyelesaikan masalah.

"Kalau motor nggaklah (setuju), menurut saya. Kalau motor iya artinya orang akan semakin banyak beli motor. Aku punya ganjil, aku beli lagi genap," kata Djarot.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) masih mengkaji aturan ganjil-genap untuk sepeda motor. Menurutnya, peraturan itu masih dalam pembicaraan.

"(Kebijakan ganjil-genap untuk motor) nanti diumumkan sekalian (keputusan soal perluasan rute ganjil-genap), sekarang belum diumumkan belum diputuskan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8).

Anies menegaskan aturan ganjil-genap tidak berlaku untuk kendaraan listrik. Menurutnya, kendaraan listrik tidak menyumbang polusi udara di Jakarta.




Tonton Video Soal Perluasan Ganjil Genap di Jakarta, Djarot Beri Wejangan:

[Gambas:Video 20detik]

(lir/idn)