Laporan dari Moskow

Senangnya Warga Rusia Belajar Membatik di Festival Indonesia Moskow

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 15:14 WIB
Warga Rusia antusias membatik di Festival Indonesia Moskow (Foto: Marlinda Oktavia/detikcom)
Moskow - KBRI Rusia kembali menggelar Festival Indonesia di Moskow. Warga Rusia ataupun WNI yang ada di sana terlihat beramai-ramai mengunjungi lokasi festival di Kresnaya Presnya Park.

Ada workshop membatik yang berada di salah satu sudut Kresnaya Presnya Park yang mencuri perhatian warga Rusia. Olga misalnya. perempuan asli Moskow itu penasaran cara membatik.

Olga mengatakan ini bukan pertama kalinya dirinya mengenal batik. Sebelumnya ibunya pernah membelikannya batik saat berkunjung ke Bali, Indonesia. Dia yang memang gemar menggambar pun tampak luwes menggerakkan canting.

"Ini pengalaman yang luar biasa," katanya usai membatik di Festival Indonesia, Sabtu (3/8/2019).



Selain membatik, ada juga box mewarnai yang disediakan bagi anak-anak. Terlihat ada beragam gambar yang siap diwarnai berada di box tersebut.

Salah satu anak bernama Katerina terlihat ceria karena bisa mewarnai berbagai gambar dengan latar putih itu. Tak hanya Katerina, sejumlah anak-anak pun tampak cerita mewarnai di box itu.
Festival Indonesia di MoskowFestival Indonesia di Moskow (Foto: Marlinda Oktavia/detikcom)

Meski tak mengetahui makna gambar-gambar yang terpampang pada box berwarna putih itu, Katerina dan anak-anak lainnya tetap antusias melenggak-lenggokkan kuasnya. Bahkan orang-orang dewasa pun tak mau kalah untuk ikut menjajal.

"Ini sangat menyenangkan sekali. Saya jadi tahu tentang Indonesia melalui gambar-gambar ini," kata Katerina. (mae/haf)