Ke Pandeglang, Mensos Beri Bantuan Logistik Rp 240 Juta Korban Gempa

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 13:57 WIB
Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita. (Jeffry/detikcom)
Pandeglang - Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan tinjauan ke Desa Panjangjaya, Mandalawangi, Pandeglang, Banten. Agus memberikan bantuan logistik dan uang senilai Rp 240.935.000 untuk warga yang terdampak gempa M 6,9 Banten di Pandeglang.

"Ini simbolis untuk sementara ini di luar bantuan rumah, bantuan rumah juga akan datang," kata Agus di lokasi, Sabtu (3/8/2019).



Di lokasi tersebut, Agus bertemu dengan salah seorang warga yang terdampak gempa bernama Marsani. Agus berjanji kepada seluruh warga yang rumahnya rusak akan diberi bantuan guna membangun kembali huniannya.

"Pemerintah pusat kami akan berikan bantuan, bantuan untuk Pak Marsani untuk bisa membangun rumah untuk Bapak bisa beli bahan-bahan material untuk Bapak bisa bangun rumah kembali, tapi pastikan bangun rumahnya dengan konstruksi yang tepat yang tahan gempa. Tapi pasti nanti pengusulan bantuannya dari Ibu Bupati, nanti bupati akan proses lebih cepat penyampaian usulan kepada kami agar Bapak bisa segera membangun rumah. Bapak tak sendirian, kami akan selalu bersama Bapak," ujar Agus.

Dalam penyerahan bantuan, Agus juga menyerahkan bantuan seperti selimut. Agus mengatakan dana Rp 240 juta yang dikucurkan bersifat awal dan di luar bantuan dana untuk membangun rumah hunian serta santunan ahli waris yang menjadi korban meninggal dunia akibat gempa.



"Ini bantuan saya untuk Ibu Bupati memang ini kalau dilihat dari angkanya kita lihat dari sudut pandang relatif, intinya ini bantuan awal, kalau butuh bantuan lain silakan sampaikan ke kami, ini bantuan yang dari semalam kami siapkan. Kalau butuh tambahan silakan sampaikan ke kami, ini di luar bantuan rumah yang akan kami siapkan, semua rumah warga yang rusak, kami akan siapkan dana untuk stimulan bangun rumahnya kembali," tutur Agus.


Simak Video "Jejak Kerusakan Akibat Gempa M 6,9 di Pandeglang"

[Gambas:Video 20detik]

(idn/haf)