Wagub Sumbar Minta drg Lili Pengganti drg Romi Jangan Di-bully

Wagub Sumbar Minta drg Lili Pengganti drg Romi Jangan Di-bully

Jeka Kampai - detikNews
Jumat, 02 Agu 2019 10:36 WIB
drg Romi Sofpa Ismael saat diskusi di Jakarta (Lisye/detikcom)
drg Romi Sofpa Ismael saat diskusi di Jakarta (Lisye/detikcom)
Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta agar drg Lili Suryani tidak di-bully. Lili Suryani merupakan rival dan menggantikan posisi drg Romi Syofpa Ismael yang dicoret sebagai CPNS di Kabupaten Solok Selatan.

"Harapan saya jangan di-bully. Saya dengar (dokter Lili) sudah dapat sanksi. Biar saja, mereka punya hak. Dokter Lili punya hak, dokter Romi juga. Mudah-mudahan keduanya bisa diangkat, sehingga masalahnya selesai," kata Nasrul Abit kepada detikcom, Jumat (2/8/2019).


drg Lili Suryani merupakan pengganti posisi dokter penyandang disabilitas Romi Syofpa Ismael sebagai CPNS di Kabupaten Solok Selatan.

Lili diovnis melanggar etika kedokteran setelah menjalani sidang majelis etik di PDGI Sumbar. Ia menjadi salah satu 'penyebab' drg Romi Syofpa Ismael dicoret sebagai CPNS, meski telah lulus semua tes sebagai peringkat pertama. Lili dikenai Pasal 15 ayat 1 dan 2 Kode Etik Dokter Gigi Indonesia, dan kini menunggu sanksi dari PDGI Pusat.

Wakil Gubernur menyebut sejumlah pejabat terkait di Solok Selatan sudah dipanggil ke Jakarta untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Sekda dan BKD Solok Selatan sudah dipanggil ke Jakarta. (Sepertinya) sedang diusahakan ada formasi khusus untuk drg Romi. Harapan kita, BKN, Menpan bisa menyiapkan formasinya. Kalau sudah, berarti masalahnya selesai," kata Nasrul.

"Tugas kita adalah mengusulkan, karena kebijakan untuk pengangkatan PNS ini ada di Menpan dan BKN. Mudah-mudahan dengan dorongan semua pihak, akan segera selesai," ia melanjutkan.


Mantan Bupati Pesisir Selatan itu juga berharap drg Romi bisa bersabar jika prosesnya kemudian diproses Kemenpan-RB dan BKN.

"Nanti kalau sudah kelar, dokter Romi harus bersabar, karena tidak bisa cepat. Harus menunggu proses administrasi," katanya lagi.


Kasus drg Romi, Pintu Masuk Perbaikan Sistem Rekrutmen PNS:

[Gambas:Video 20detik]


Wagub Sumbar Minta drg Lili Pengganti drg Romi Jangan Di-bully
(asp/rvk)