detikNews
Kamis 01 Agustus 2019, 09:00 WIB

Cari Alat Bukti, Polisi Sisir RSUD Lokasi Penyerangan di Empat Lawang

Raja Adil Siregar - detikNews
Cari Alat Bukti, Polisi Sisir RSUD Lokasi Penyerangan di Empat Lawang Suasana lokasi di Empat Lawang pascabentrok. (Raja Adil/detikcom)
Palembang - Aksi penyerangan terhadap polisi terjadi di Empat Lawang, Sumatera Selatan, Kamis (1/8/2019) malam tadi. Polisi memastikan kondisi saat ini sudah aman dan kondusif.

"Pagi ini kondisi cukup kondusif, sudah aman, dan kami juga pagi ini menyusuri rumah sakit untuk mencari alat bukti di lokasi," terang Kapolres Empat Lawang AKBP Eko Yudi saat dimintai konfirmasi lewat telepon, Kamis (1/8).


Dikatakan Eko, penyusuran rumah sakit juga dilakukan untuk memastikan tidak ada benda berbahaya di lokasi. Sebab, penyerangan terjadi secara brutal yang menyebabkan polisi dan warga terkena tembakan.

"Tadi malam penyerangan terjadi secara membabi buta. Jadi suara tembakan itu bukan hanya dari polisi aja dan ada juga dari massa yang bawa kecepek (senjata api rakitan)," kata Eko.


Eko mengakui suasana mencekam sangat terasa di rumah sakit saat penyerangan terjadi. Pengunjung hingga penghuni di rumah sakit pun sempat berhamburan.

"Total anggota ada tiga mengalami luka tusuk dan satu luka tembak. Sementara untuk masyarakat ada 5 luka dan sudah dilarikan ke rumah sakit," kata Eko lagi.

"Massa yang kami amankan sampai pagi ini ada 17 orang. Semua masih diperiksa secara intensif, intinya mereka ini semua hanya terprovokasi saja dan sudah mulai kondusif lagi," tutup Eko.


Untuk diketahui, aksi penyerangan polisi bermula saat empat anggota Polsek Ulu Musi, yang dipimpin Kanitres, Ipda Arsan, akan menangkap pelaku pengancaman di daerah tersebut. Tak terima, para pelaku lantas menusuk dua anggota.

Anggota yang terluka langsung dilarikan ke RSUD di Tebing Tinggi untuk dirawat. Tak lama kemudian, datang massa dengan 2 truk, yang berjumlah 50-70 orang menyerang polisi.

Selanjutnya, baku tembak polisi dengan massa pun tak terhindarkan. Polisi pun menambah personil guna pengamanan di Polres dan sejumlah wilayah di Empat Lawang.



16 Orang Diamankan Terkait Penyerangan 4 Polisi di Empat Lawang:

[Gambas:Video 20detik]


(ras/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com