detikNews
Rabu 31 Juli 2019, 09:53 WIB

Tanggapan Jasa Marga soal Temuan Unik Anies tentang Polusi Jakarta

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Tanggapan Jasa Marga soal Temuan Unik Anies tentang Polusi Jakarta Jasa Marga (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta kendaraan berat yang masuk Tol Lingkar Luar (Jakarta Outer Ring Road atau JORR) lulus uji emisi demi menekan angka polusi di Ibu Kota. Anies juga berbicara soal data unik polusi dan sedang mencari tahu apakah ada kaitannya dengan volume kendaraan di Tol JORR. PT Jasa Marga memberikan tanggapan.

"Jasa Marga mendukung upaya pemerintah untuk menurunkan tingkat polusi udara di Ibu Kota dengan menegakkan aturan hukum tentang persyaratan ambang batas emisi gas buang," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru saat dimintai tanggapan, Rabu (31/7/2019).


Dwimawan menyebut ide Anies bisa diwujudkan jika pihak-pihak terkait saling bekerja sama. Kepolisian bisa menindak pelanggar lalu lintas dan Dinas Perhubungan tentunya berwenang memeriksa kelayakan kendaraan.

"Untuk merealisasikan hal tersebut, tentunya harus dilakukan kerja sama antara semua pihak terkait. Dalam hal ini kepolisian sebagai penegak hukum yang berwenang menindak pelanggaran aturan lalu lintas dan juga Dinas Perhubungan yang berwenang memeriksa pemenuhan kelayakan kendaraan umum dan angkutan," ucap Dwimawan.

Sebagai operator tol, Jasa Marga siap membantu dalam hal sarana pengamanan dan kelancaran lalu lintas jika memang penegakan hukum itu dilakukan di ruas tol yang mereka operasikan.

"Dukungan kami sebagai operator dalam hal sarana pengamanan dan kelancaran lalin di titik lokasi operasi penegakan hukum jika nantinya dilakukan di dalam ruas tol yang kami operasikan," jelas Dwimawan Heru.


Anies sebelumnya mengaku heran karena, berdasarkan pemantauan Pemprov, polusi amat tinggi di pagi hari. Dia mengatakan akan berbicara dengan pengelola tol terkait aktivitas kendaraan berat di Tol JORR. Selain itu, dia ingin kendaraan-kendaraan berat yang masuk Tol JORR memenuhi standar emisi.

"Padahal daerah selatan bukan daerah paling padat ya tapi justru tinggi karena itu kita mau lihat. Nanti kita pastikan kendaraan-kendaraan berat yang memasuki wilayah JORR itu mereka penuhi standar emisi sehingga nggak timbulkan masalah," kata Anies.


Simak Video "Nggak Cuma Lidah Mertua, Ini Tips BPPT Kurangi Polusi Jakarta"

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/fjp)
FOKUS BERITA: Bahaya Polusi Jakarta
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com