Ketua DPR Minta Kominfo Gandeng BSSN-Bareskrim Cegah Child Grooming

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 31 Jul 2019 09:42 WIB
Bambang Soesatyo (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta Bareskrim Polri untuk memblokir dan mengawasi aplikasi game online. Hal itu untuk mencegah kasus child grooming kembali terulang.

"Mendorong Kemkominfo bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Cyber Crime Bareskrim Polri untuk aktif melakukan pemblokiran dan meningkatkan pengawasan terhadap aplikasi-aplikasi permainan (game online) yang memuat konten pornografi, dan radikalisme yang dapat memengaruhi perilaku anak melalui internet," kata Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (31/7/2019).



Bamsoet juga mendukung upaya pemblokiran terhadap aplikasi yang digunakan untuk child grooming agar tidak menjadi akses kejahatan oleh pedofil. Ia juga meminta guru-guru di sekolah mengedukasi para siswanya bagaimana menggunakan internet secara bijak.

"Mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui guru-guru di sekolah untuk memberikan edukasi terhadap anak cara menggunakan internet yang sehat, agar anak dapat terhindar dari modus kejahatan melalui internet yang terus berkembang," ujarnya.



Lebih lanjut, Bamsoet mengimbau para orang tua membatasi waktu anak untuk bermain game online. Ia juga meminta orang tua memperhatikan dengan siapa anak mereka berteman di dunia maya.

"Mengimbau kepada orang tua untuk lebih memperketat dan membatasi waktu anak bermain permainan daring, serta orang tua harus tahu dengan siapa anak berteman malalui internet dan memperhatikan tumbuh kembang anak," pungkasnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya AAP alias Prasetya Devano alias Defans alias Pras pelaku child grooming yang melancarkan aksinya via aplikasi game online 'Hago'. Pelaku yang sudah 10 kali beraksi itu mengincar anak-anak menjadi korbannya


Simak Video "Cegah Child Grooming, Hago Blokir Fitur Kirim Foto dan Kontak"

[Gambas:Video 20detik]

(azr/imk)