detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 22:20 WIB

Polisi Perbaiki Berkas Perkara Wanita Bawa Anjing ke Masjid

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Polisi Perbaiki Berkas Perkara Wanita Bawa Anjing ke Masjid Anjing masuk masjid di Bogor. (Foto: screenshot video viral di Internet)
Bogor - Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor mengembalikan berkas perkara SM (52), perempuan yang membawa anjing masuk ke Masjid Al-Munawaroh, ke Polres Bogor. Berkas kini masih diperbaiki penyidik.

"Sudah P19, sama kejaksaan katanya masih ada yang harus diperbaiki lagi," kata Kasubbag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena saat dihubungi, Selasa (30/7/2019).



Namun Ita belum menjelaskan lebih lanjut kapan berkas itu akan dilimpahkan lagi ke kejaksaan. Berkas sebelum dikembalikan jaksa ke penyidik pada 24 Juli 2019.

"Dengan kurang kelengkapannya, berkas dikembalikan lagi ke polisi, sehingga belum bisa meningkat ke tahap 2," ujar Ita.



Seperti yang diketahui, SM datang dan masuk ke Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/6), pukul 14.00 WIB. SM datang sambil membawa anjingnya. Tak butuh waktu lama, polisi mengamankan perempuan itu.

"SM memasuki Masjid Al-Munawaroh dengan membawa hewan anjing dengan tujuan mencari suaminya," kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika.

Sebelumnya, polisi melimpahkan berkas perkara kasus tersebut ke kejaksaan pada Rabu (10/7). SM dikenai sangkaan melakukan penistaan agama.

"Kasus penistaan agama yang dilakukan tersangka perempuan berinisial SM yang masuk ke Masjid Al-Munawaroh dengan membawa seekor anjing serta menggunakan alas kaki sudah dilimpahkan berkas tahap pertama ke Kejari Cibinong, Bogor," ujar Dicky, Jumat (12/8).

Terkait kasus perempuan membawa anjing pada 30 Juni lalu, polisi sudah memeriksa tujuh orang saksi serta tiga ahli. Ahli yang dimintai pendapat adalah ahli hukum pidana, psikiatri, dan ahli agama.

Selain itu, observasi sudah dilakukan terhadap tersangka SM di RS Polri dengan melibatkan lima spesialis kedokteran jiwa dari sejumlah rumah sakit.
(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com