detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 18:41 WIB

Airlangga Dinilai Kembalikan Golkar ke Khitahnya

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Airlangga Dinilai Kembalikan Golkar ke Khitahnya Foto: Airlangga Hartarto (Khairul Ikhwan/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dinilai mengembalikan partai berlambang pohon beringin itu kepada khitahnya. Airlangga pun dinilai layak melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua.

"Ketika kepimpinan Airlangga itu sepertinya roh politik yang keluar, katakanlah itu kembali lagi seperti posisi Airlangga sebagai menteri juga secara firmed mendukung Jokowi. Itu seperti Golkar kembali ke khitahnya, roh politiknya kembali. Ini saya pikir pantas layak diteruskan untuk katakanlah karena sudah on the track, tugas besarnya adalah mempertahankan katakanlah kereta pada rel kekaryaan ini diteruskan 5 tahun ke depan dan nextnya," ujar Direktur Ekesekutif PARA Syndicate, Arif Nurchaya saat ditemui usai diskusi 'Siapa Layak di Pucuk Beringin?', di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (30/7/2019).


Airlangga yang dinilai sudah mengembalikan Golkar pada treknya patut meneruskan langkah tersebut. Arif menambahkan yang harus dipikirkan Ketum Golkar di periode mendatang adalah bagaimana bisa meneruskannya hingga tahun politik 2024.

"(Airlangga) sudah bisa mengembalikan track itu, sebenernya saya pikir punya peluang katakanlah diteruskan. Tapi siapa pun pemimpin Golkar bahwa Golkar itu sudah pada tracknya. Nah itu bagaimana diteruskan sampai 2024," kata Arif.


Selain itu, Arif menilai momentum munas bisa dimanfaatkan Golkar untuk menyiapkan kadernya di 2024 nanti.

"Ketiga, Golkar selama ini sejak reformasi hanya menjadi katakanlah pendukung pasangan capres cawapres. Golkar harus punya peluang politik untuk 2024 menyiapkan kader terbaiknya sebagai capres dan cawapres," sebut Arif.

Kader yang bisa dicalonkan nantinya, menurut Arif adalah ketum terpilih itu sendiri sebagai ketum. "Siapa kader terbaik itu? Tentu ketum terpilih ini. Saya pikir existing sekarang Airlangga berpotensi katakanlah memimpin 5 tahun ke depan tapi punya potensi juga menjadi capres 2024," jelas Arif.


Simak Juga 'Jelang Munas, 'Beringin' Memanas':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com