HNW Yakin PKS Tak Bakal Sendirian di Luar Kabinet Jokowi

Tsarina Maharani - detikNews
Selasa, 30 Jul 2019 11:51 WIB
Hidayat Nur Wahid (Screenshoot 20detik)
Jakarta - PKS kian mantap menyatakan diri sebagai partai oposisi pemerintah. Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid pun yakin mereka tidak akan sendirian di barisan oposisi.

"Saya kok yakin PKS tidak akan sendirian di luar kabinet. Akan ada partai yang akan berada di luar kabinet, tentu tidak semua memang ada di kabinet," kata Hidayat atau HNW di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7/2019).


Menurut dia, partai-partai koalisi presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) sejak awal sudah terlihat menolak kehadiran partai lain. Lagi pula, kata Hidayat, peran oposisi penting bagi keberlangsungan demokrasi.

"Kami berada di luar kabinet justru untuk memastikan demokrasi tetap bisa berjalan dan penting untuk tetap menghadirkan checks and balances itu," ujarnya.


HNW pun yakin rapat Dewan Majelis Syuro mendatang makin menguatkan sikap PKS sebagai oposisi. Namun dia tidak memerinci kapan rapat tersebut akan diselenggarakan.

"Sampai hari ini kita tetap dalam posisi melaksanakan putusan Majelis Syuro, yaitu kami berada di luar pemerintahan. Dan perkiraan saya sih sikap itu tidak akan berubah sekali pun nanti akan diputuskan oleh keputusan Majelis Syuro yang baru," ucap Hidayat. (tsa/gbr)