detikNews
Selasa 30 Juli 2019, 10:55 WIB

Anies Pastikan Banding Lawan PTUN soal SK Cabut Reklamasi

Faiq Hidayat - detikNews
Anies Pastikan Banding Lawan PTUN soal SK Cabut Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Fida/detikcom)
Jakarta - PTUN Jakarta mengabulkan gugatan PT Taman Harapan Indah dan mencabut SK Gubernur DKI tentang pencabutan izin reklamasi Pulau H. Gubernur DKI Anies Baswedan memastikan akan mengajukan permohonan banding atas gugatan tersebut.

"Kami akan terus cari upaya menghentikannya dan keputusan nanti kami akan banding. Tapi kami harus menerima petikannya lengkap, setelah diterima kami akan lakukan banding," kata Anies di Masjid Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa (30/7/2019).

Anies mengaku telah menghargai warga negara yang menempuh jalur hukum mengenai reklamasi. Eks Mendikbud itu juga menghormati putusan PTUN Jakarta yang mengabulkan gugatan itu.

"Yang jelas pertama kami menghargai hak warga negara untuk menempuh jalur hukum dalam hal apapun. Kedua, kami menghormati pengadilan dalam putusan-putusan," ucap Anies.

Meski begitu, Anies menegaskan akan menempuh jalur hukum untuk menghentikan reklamasi. Pemprov DKI Jakarta disebutnya tidak akan diam.

"Ketiga, kami akan terus menempuh jalur hukum untuk menghentikan reklamasi. Jadi pengembang yang rencana meneruskan kami tidak akan diamkan," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, PTUN Jakarta mengabulkan gugatan PT Taman Harapan Indah. Oleh sebab itu, majelis hakim mencabut SK Gubernur DKI tentang pencabutan izin reklamasi.

"Mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya. Menyatakan batal Keputusan Tergugat Berupa: Keputusan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 1409 Tahun 2018 tanggal 6 September 2018 khusus sepanjang menyangkut Pencabutan Keputusan Gubernur Provinsi Daerah Khusus lbukota Jakarta No. 2637 Tahun 2015 tentang Pemberian Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau H kepada PT Taman Harapan Indah," demikian pernyataan majelis PTUN Jakarta sebagaimana dikutip detikcom dari website-nya, Senin (29/7/2019).
(fai/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com