detikNews
Senin 29 Juli 2019, 15:10 WIB

Mendikbud Bakal Rotasi Guru untuk Sukseskan Sistem Zonasi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Mendikbud Bakal Rotasi Guru untuk Sukseskan Sistem Zonasi Foto: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy (Alfons-detikcom)
Jakarta - Kemendikbud akan melakukan rotasi guru untuk menunjang sistem zonasi yang diterapkan pada siswa. Mendikbud Muhadjir Effendy menyebut rotasi guru itu untuk pemerataan kualitas.

"Ya setelah ini harus ada rotasi, karena kalau tidak ada rotasi guru percuma ada kebijakan berbasis zonasi. Semua nanti kan harus ada penanganan mulai dari rotasi guru, agar terjadi pemerataan kualitas guru," kata Muhadjir di SMKN 1 Jakarta, Jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).


Selain rotasi guru, Muhadjir juga menyinggung soal bantuan untuk sekolah. Menurutnya, bantuan tidak boleh menumpuk di satu sekolah tanpa memperhatikan tingkat kebutuhan.

"Kemudian penanganan sarana prasarana harus lebih betul-betul terseleksi dan terarah sesuai dengan tingkat ketimpangan sarana di zona masing-masing. Tidak boleh bantuan numpuk di sekolah yang tidak perlu butuh bantuan, sementara sekolah yang butuh malah terabaikan," ujarnya.


Menurut Muhadjir, sistem zonasi juga akan membantu untuk pemetaan sekolah yang butuh bantuan. Bantuan itu, menurutnya, tak hanya diberikan pada sekolah terdekat.

"Dengan adanya zoning system ini maka akan terbaca itu, mana sekolah yang harus diberi bantuan dan mana yang tidak, bukan karena dekat," pungkasnya.


Gara-gara Sistem Zonasi, Sekolah Ini Tak Ada Pendaftar:


(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com