Round-Up

Pembelaan Gerindra-PKS untuk FPI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Jul 2019 07:20 WIB
Ilustrasi Massa FPI. (Foto: Grandyos Zafna)
Ilustrasi Massa FPI. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Ormas Front Pembela Islam (FPI) mendapatkan dukungan dari Gerindra dan PKS setelah izin perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) mereka belum terbit. Gerindra dan PKS bulat menyatakan FPI tidak bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Dirangkum detikcom, Minggu (28/7/2019), masa SKT FPI telah habis pada 20 Juni 2019 dan hingga kini pemerintah belum memberikan perpanjangannya. Selain karena sejumlah syarat belum terpenuhi, aktivitas dan rekam jejak FPI juga sedang dikaji.

"Kemudian untuk FPI, organisasi ini kan sebenarnya izinnya sudah habis tanggal 20 Juni yang lalu, tapi sementara ini kan belum diputuskan ya izin itu dilanjutkan, diteruskan, diberikan atau tidak," kata Menko Polhukam Wiranto seusai rapat koordinasi terbatas (rakortas) tingkat menteri di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (19/7).


"Kenapa kita belum memberikan karena kita masih mendalami, dilakukan suatu evaluasi dari aktivitasnya selama dia ada, organisasinya, track record-nya juga sedang disusun, organisasi memang layak diberikan izin lagi atau tidak," imbuh dia.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berbicara soal kemungkinan FPI dilarang jika tidak sejalan dengan ideologi Pancasila. Hal ini dikatakan Jokowi dalam wawancara dengan Associated Press (AP).


"Jika pemerintah meninjau dari sudut pandang keamanan dan ideologi menunjukkan bahwa mereka (FPI, red) tidak sejalan dengan bangsa," ujar Jokowi seperti dilansir AP, Sabtu (27/7).

Lalu, apa kata Gerindra dan PKS?
Selanjutnya
Halaman
1 2