Tepis Andi Arief, PKS Ungkap 'Keberhasilan' Oposisi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 28 Jul 2019 13:22 WIB
Foto: Suhud Alynudin (DPP PKS)
Jakarta - Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief menyebut oposisi tidak pernah sukses dalam sejarah perpolitikan Indonesia. PKS menepis Andi Arief.

"Kalau ukurannya kekuasaan eksekutif, variabelnya tentu bukan oposisi atau tidak, tapi apakah mereka memilik figur yang kuat atau tidak dalam persaingan pilpres," kata Sekretaris Bidang Polhukam DPP PKS Suhud Alynudin saat dimintai tanggapan, Minggu (28/7/2019).


Menurut Suhud, ada partai-partai yang berhasil memiliki figur kuat dalam kontestasi politik. Ada dua partai yang disebut Suhud berhasil dalam konteks melahirkan sosok untuk pilpres.

"Selama ini partai yang berhasil adalah yang memiliki figur kuat untuk kontestasi pilpres, contohnya Partai Demokrat dengan SBY atau PDIP dengan Pak Jokowi," jelas dia.

Suhud lalu memerinci 'keberhasilan' oposisi di Indonesia. Menurutnya, oposisi berhasil dalam hal mengawal transisi demokrasi.

"Oposisi di Indonesia 'berhasil' mengawal transisi demokrasi, sehingga mencegah munculnya otoritarianisme," ucap Suhud.


Sebelumnya diberitakan, Andi Arief mengatakan tidak ada oposisi yang berhasil dalam sejarah perpolitikan Indonesia. Menurutnya, gerakan-gerakan kontra pemerintah hanya dapat dijalankan rakyat dan mahasiswa saat reformasi.

"Tidak ada oposisi yang berhasil di sejarah politik kita, kecuali oposisi rakyat, gerakan mahasiswa melawan Soeharto," ucap Andi Arief.



Tonton video PKS Sarankan Prabowo Tegas Nyatakan Oposisi ke Jokowi:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/tor)