Senior Partai Dorong Golkar Gelar Rapat Pleno Evaluasi Kepengurusan

Tsarina Maharani - detikNews
Minggu, 28 Jul 2019 10:26 WIB
Senior Partai Golkar Freddy Latumahina (Foto: Istimewa)
Jakarta - Senior Partai Golkar, Freddy Latumahina, mendorong pengurus DPP Golkar segera menggelar rapat pleno dalam rangka mengevaluasi kepengurusan. Selain itu, untuk menyaring bakal calon Ketua Umum Golkar 2019-2024.

"DPP Partai Golkar disarankan untuk jangan takut melakukan evaluasi, rapat pleno, hingga penyaringan dan verifikasi bakal calon (balon) ketua umum partai. Semua tahapan persiapan penyelenggaraan musyawarah nasional (munas) harus berjalan sesuai konstitusi partai atau AD/ART partai," kata Freddy dalam keterangan tertulis, Minggu (28/7/2019).


Menurut Freddy, saat ini sudah terlihat berbagai potensi masalah dalam tubuh Golkar. Karena itu, lanjut dia, pengurus DPP Golkar tidak boleh tutup mata hanya demi mempertahankan kekuasaan. Freddy mengingatkan para pengurus DPP Golkar, khususnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, agar tidak bersikap otoriter.

"Penyelenggaraan agenda evaluasi dan rapat pleno akan dilihat publik sebagai tanda berkembangnya demokratisasi di tubuh partai. Sebaliknya, jika agenda-agenda tersebut ditiadakan, DPP akan dinilai tidak demokratis. Ketum Golkar dan orang-orang di sekitarnya akan dinilai otoriter," ujarnya.


Freddy mengatakan Golkar harus tetap tampil sebagai partai demokratis. Ia mengingatkan soal 'perlawanan dari bawah' jika pengurus DPP Golkar tak segera melaksanakan evaluasi.

"Perilaku otoriter seperti itu pada gilirannya akan mendapatkan perlawanan dari bawah, karena para kader akan merasa dilecehkan. Jangan lupa bahwa pengelolaan dan pengendalian partai dengan gaya otoriter tidak relevan lagi dengan era reformasi sekarang ini," tegas dia.


"Kini, semua elemen kader Golkar dari tingkat terbawah sudah menyuarakan aspirasinya kepada DPP untuk menyelenggarakan evaluasi, rapat pleno, serta penyaringan dan verifikasi balon ketum. Agar tidak ada lagi friksi di tubuh partai, DPP Golkar diharapkan segera menyiapkan rangkaian agenda itu. Dengan begitu, akan tampil profil dan wajah Golkar yang demokratis," sambungnya.



Tonton juga video Beda Nasib Golkar-PDIP Jelang Pemilihan Ketum Tahun Ini:

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/tor)