Capim KPK Tes Psikologi, Laode Syarif-Basaria-Irjen Firli Optimistis Lolos

Zunita Putri - detikNews
Minggu, 28 Jul 2019 08:05 WIB
Suasana tes psikologi peserta capim KPK, Minggu (28/7/2019) (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Sejumlah peserta calon pimpinan (capim) KPK bersiap menghadiri tes lanjutan dari panitia seleksi (Pansel). Hari ini peserta capim dijadwalkan mengikuti tes psikologi.

Pantauan detikcom di Gedung Pusdiklat Sekretariat Negara (Setneg), Jalan Gaharu I, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (28/7/2019). Para peserta capim KPK telah berdatangan sejak pukul 07.00 WIB.

Beberapa peserta yang sudah hadir itu salah satunya adalah Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dan Basaria Pandjaitan, lalu ada Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Firli, Wakabareskrim Irjen Antam Novambar, Direktur Pencegahan KPK Pahala Nainggolan, lalu ada Kepala Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan, Ranu Mihardja. Total akan ada 104 peserta yang hadir dalam tahap tiga ini.


Salah satu peserta capim, petahana Basaria Pandjaitan mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk tes psikologi. Basaria mengaku sudah terbiasa dengan tes psikologi.

"Nggak ada persiapan khusus. Grogi juga nggak, ini bukan yang pertama buat kita. Tes psikologi hal biasa dan sering diadakan juga di KPK juga. Setiap kita naik pangkat, seperti jadi direktur atau apa kan selalu pakai asesmen," kata Basaria.

Dia juga mengaku optimis akan lolos ditahap berikutnya. "Optimis dari awal kita harus. Kita sudah pertimbangkan dulu, kalau ragu jangan melangkah," tegasnya.


Hal sama juga dikatakan oleh petahana, Laode M Syarif sama seperti Basaria dia mengaku tak ada persiapan khusus. "Nggak, biasa aja, kan pernah, psikotes itu kan nggak usah dipelajari, dijawab aja dengan jujur," katanya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Firli mengungkapkan persiapannya sebelum tes psikologi adalah tidur nyenyak. Dia juga mengaku sudah terbiasa dengan tes psikolog.

"Alhamdulillah (tidur nyenyak), (grogi) nggak, tes psikolog kan biasa, sejak dari Akpol, Sestim, ajudan presiden kan psikotes semua. Tes psikotes kita tiap hari tes psikotes he-he," kata Firli.


Seperti diketahui, Pansel telah mengumumkan ada 104 orang yang lolos dalam tahap kedua, yaitu uji kompetensi. Hari ini, para peserta akan mengikuti tes psikologi, yang lolos dalam tahap ini setelahnya akan ada tes uji publik dengan media dan DPR.



Tonton video Rocky Gerung Curigai Polisi Aktif yang Daftar Capim KPK:

[Gambas:Video 20detik]

(zap/jbr)